digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Idola K-Pop sebagai duta merek mewah mempengaruhi konsepsi keseluruhan terhadap keputusan pembelian konsumen, bagaimana idola K-Pop mempengaruhi citra merek dari merek mewah secara keseluruhan, dan memberikan rekomendasi kepada merek mewah dalam menanggapi pro dan kontra dengan memanfaatkan strategi pemasaran ini di masa depan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis tematik untuk menemukan pola dari peristiwa yang sedang dibahas dan disebutkan secara berulang-ulang. Sumber informasi utama diperoleh dari 6 (enam) responden dengan latar belakang yang mumpuni dan dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan durasi 20-40 menit tergantung pada ketersediaan informasi. Menurut penelitian tersebut, idola K-Pop membantu memberikan peningkatan dua arah untuk citra merek mewah melalui kredibilitas dan kepercayaan mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa Idola K-Pop sebagai duta merek mewah meningkatkan kesadaran merek dengan dampak yang tinggi terhadap merek dalam banyak studi kasus. Adapun pengaruh duta Idola K-Pop terhadap efektivitas keputusan pembelian konsumen ditemukan tergantung pada latar belakang segmen pasar dan preferensi pribadi individu. Secara keseluruhan penelitian ini membahas tentang pengaruh Idola K-Pop terhadap keputusan pembelian konsumen untuk merek-merek mewah dan bagaimana pengaruhnya terhadap citra merek mewah.