digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Chairunnissa Nauradini A.
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Berbelanja produk fashion secara daring sedang menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia. Jumlah pembeli di fashion electronic commerce Indonesia menunjukkan pertumbuhan setiap tahunnya. Kendati demikian, pendapatan fashion electronic commerce Indonesia pada tahun 2023 menunjukkan penurunan yang signifikan dibandingkan tahun 2021 dan 2022, padahal berbagai promosi telah dilakukan untuk menarik masyarakat membeli produk yang dijual. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di fashion electronic commerce Indonesia dan memberikan rekomendasi peningkatan yang perlu dilakukan fashion electronic commerce Indonesia untuk bisa bertahan dan menjadi pemain unggul di industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei online sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil analisis data 207 orang responden menunjukkan bahwa faktor sosial, periklanan, citra merek, dan kepercayaan merupakan variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di fashion electronic commerce Indonesia. Perbaikan yang dapat dilakukan oleh fashion electronic commerce Indonesia untuk bisa bertahan dan menjadi pemain unggul di industri adalah memanfaatkan rekomendasi sosial, berinvestasi dalam periklanan, meningkatkan citra merek, dan meningkatkan kepercayaan merek.