digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

K-Pop merupakan sebuah fenomena yang saat ini banyak dikenal oleh masyarakat dan berdampak pada banyak aspek kehidupan masyarakat. Urgensi penelitian ini bermula dari semakin besarnya pengaruh budaya K-Pop dan dampaknya terhadap perilaku konsumen. Ketika fenomena K-Pop semakin menonjol secara global, semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan idola K-Pop sebagai duta merek untuk meningkatkan citra merek mereka dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Namun, meskipun idola K-Pop digunakan sebagai duta merek secara luas, terdapat kebutuhan untuk mengkaji dampak spesifik dari strategi ini terhadap citra merek dan keputusan pembelian konsumen. Hubungan antar variabel penelitian sangat penting untuk memahami efektivitas penggunaan NCT Dream sebagai brand duta produk Lemonilo. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peran NCT Dream sebagai brand ambasador berdampak pada citra merek Lemonilo dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas mempekerjakan idola K-Pop sebagai duta merek dan untuk memberikan wawasan bagaimana strategi ini dapat dimanfaatkan secara optimal di sektor bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan penelitian kuantitatif diadopsi, dan data dikumpulkan dari 223 responden yang merupakan penggemar NCT Dream di Indonesia. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel, memastikan bahwa sampel terdiri dari individu-individu yang memiliki minat dan ketertarikan tertentu terhadap grup K-Pop. Analisis PLS-SEM kemudian digunakan untuk menganalisis data dan menyelidiki hubungan antara variabel penelitian. Hasil analisis menunjukkan temuan utama sebagai berikut: 1) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image; 2) Brand Ambassador tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian; 3) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan; 4) Duta merek memediasi keputusan pembelian melalui citra merek.