KRL Jabodetabek merupakan transportasi umum penunjang yang sangat penting
dalam menghubungkan wilayah suburban ke tempat bekerja yang berada di pusat
kota. Penentuan cakupan/jangkauan layanan perlu diperhatikan dalam suatu sistem
ketersediaan layanan transit. Biasanya, cakupan jangkauan pelayanan transit secara
konvensional ditentukan berdasarkan jarak kesediaan atau ambang jarak seseorang
untuk berjalan kaki. Pada penelitian ini mencoba menambahkan park and ride dan
ridesourcing pada lokasi Stasiun KRL Jabodetabek yang berada di wilayah
suburban yang diperkirakan akan meningkatkan minat penggunaan KRL
Jabodetabek. Maka, perlu dilakukan kinerja yang terukur yang dapat menyatakan
faktor apa saja yang mempengaruhi jangkauan area layanan suatu stasiun di wilayah
suburban. Jangkauan layanan stasiun diukur dengan panjang perjalanan dari tempat
tinggal menuju stasiun awal untuk pengguna KRL Jabodetabek dengan stasiun asal
perjalanan adalah Stasiun Tenjo dan Stasiun Tigaraksa yang dianalisis
menggunakan metode regresi linear berganda. Ditemukan hasil estimasi bahwa
dengan jangkauan layanan stasiun pada model pertama adalah Ln jarak dari tempat
tinggal menuju stasiun asal perjalanan (km), ditemukan ada 6 (enam) faktor yang
mempengaruhi yaitu moda first mile transportasi umum, moda first mile berjalan
kaki, waktu berangkat, lama kemauan berjalan kaki (menit), jenis parkir swasta,
dan faktor penting layanan KRL terkait kenyamanan di dalam kereta pada saat
perjalanan. Kemudian, estimasi nilai toleransi jangkauan layanan stasiun
didapatkan sebesar 0,5-9,05 km. Sedangkan, jangkauan layanan stasiun pada model
kedua adalah waktu tempuh dari tempat tinggal menuju stasiun asal perjalanan
(menit), ditemukan ada 9 (sembilan) faktor yaitu moda first mile transportasi umum,
faktor penting layanan KRL terkait kemudahan mendapatkan informasi mengenai
gangguan perjalanan KRL, biaya parkir/bulan, pendidikan, waktu berangkat, faktor
penting layanan KRL terkait kenyamanan di dalam kereta pada saat perjalanan,
waktu tempuh dari stasiun tujuan menuju tempat kerja/sekolah (menit), jenis parkir
swasta, dan faktor penting layanan P+R terkait keamanan kendaraan pada saat
diparkir. Dan estimasi nilai toleransi jangkauan layanan stasiun didapatkan sebesar
5-26 menit.