digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Boima Jaya Inspektindo (BOIMA) adalah perusahaan business-to-business (B2B) yang berfokus pada layanan pengujian dan pemeriksaan peralatan kerja untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai dengan peraturan dari Kementerian Ketenagakerjaan. Berdasarkan data transaksi perusahaan per Juni 2024, PT BOIMA belum mencapai target penjualan dengan pencapaian saat ini sebesar Rp20,97 juta dari target Rp50 juta. Hal ini disebabkan oleh strategi pemasaran dan pengelolaan pelanggan yang belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan perancangan sistem pengelolaan pelanggan yang sesuai untuk PT BOIMA agar perusahaan dapat mencapai target penjualan yang ditentukan. Penentuan arah perancangan SPP dilakukan melalui identifikasi kondisi existing perusahaan. Langkah-langkah ini meliputi identifikasi tahap pertumbuhan organisasi menggunakan ASTRO ITB, penyesuaian tahap pertumbuhan organisasi dengan model konseptual strategi pemasaran, identifikasi fokus strategi pengelolaan pelanggan, audit sistem pengelolaan pelanggan, identifikasi segmenting, targeting, dan positioning (STP). Selanjutnya, dilakukan analisis RFM menggunakan metode k-means untuk menentukan clustering pelanggan perusahaan. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa perancangan SPP PT BOIMA diarahkan untuk perbaikan sistem penyimpanan data yang dapat mendukung penentuan strategi akuisisi PT BOIMA. Usulan perancangan SPP mencakup pembuatan prototipe basis data dan data entry yang dapat digunakan perusahaan untuk memasukkan dan menyimpan data. Data yang disimpan tersebut kemudian akan diolah berdasarkan indikator metrik dan kebutuhan informasi perusahaan dalam bentuk dashboard. Prototipe SPP ini digunakan untuk membantu perusahaan dalam penyimpanan data pelanggan dan alat bantu untuk merancang strategi akuisisi yang sesuai dengan kondisi perusahaan.