Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Boima Jaya Inspektindo (BOIMA) adalah perusahaan business-to-business (B2B) yang
berfokus pada layanan pengujian dan pemeriksaan peralatan kerja untuk memastikan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai dengan peraturan dari Kementerian
Ketenagakerjaan. Berdasarkan data transaksi perusahaan per Juni 2024, PT BOIMA belum
mencapai target penjualan dengan pencapaian saat ini sebesar Rp20,97 juta dari target Rp50
juta. Hal ini disebabkan oleh strategi pemasaran dan pengelolaan pelanggan yang belum
sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan
perancangan sistem pengelolaan pelanggan yang sesuai untuk PT BOIMA agar perusahaan
dapat mencapai target penjualan yang ditentukan.
Penentuan arah perancangan SPP dilakukan melalui identifikasi kondisi existing perusahaan.
Langkah-langkah ini meliputi identifikasi tahap pertumbuhan organisasi menggunakan
ASTRO ITB, penyesuaian tahap pertumbuhan organisasi dengan model konseptual strategi
pemasaran, identifikasi fokus strategi pengelolaan pelanggan, audit sistem pengelolaan
pelanggan, identifikasi segmenting, targeting, dan positioning (STP). Selanjutnya, dilakukan
analisis RFM menggunakan metode k-means untuk menentukan clustering pelanggan
perusahaan. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa perancangan SPP PT BOIMA diarahkan
untuk perbaikan sistem penyimpanan data yang dapat mendukung penentuan strategi
akuisisi PT BOIMA.
Usulan perancangan SPP mencakup pembuatan prototipe basis data dan data entry yang
dapat digunakan perusahaan untuk memasukkan dan menyimpan data. Data yang disimpan
tersebut kemudian akan diolah berdasarkan indikator metrik dan kebutuhan informasi
perusahaan dalam bentuk dashboard. Prototipe SPP ini digunakan untuk membantu
perusahaan dalam penyimpanan data pelanggan dan alat bantu untuk merancang strategi
akuisisi yang sesuai dengan kondisi perusahaan.