digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran destinasi wisata halal di Provinsi Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis persepsi wisatawan terhadap aspek dasar pengembangan pariwisata, yaitu amenitas, aksesibilitas, dan atraksi (3A) yang sesuai dengan prinsip halal di Aceh. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan rekomendasi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan citra Aceh sebagai destinasi wisata halal terkemuka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis sentimen dan survei kuesioner. Analisis sentimen dilakukan dengan menggunakan metode Naive Bayes untuk menganalisis ulasan pengguna terhadap destinasi wisata halal di Aceh yang terdapat di Google Maps. Sementara itu, survei kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data langsung dari responden terkait dengan persepsi, sikap, dan demografi wisatawan terhadap destinasi wisata halal di Aceh. Hasilnya menunjukkan pentingnya memperbaiki infrastruktur, meningkatkan standar kebersihan, dan mengembangkan pengalaman pariwisata halal yang otentik. Penelitian ini menawarkan rekomendasi bagi Dinas Pariwisata Aceh, termasuk pemasaran yang berfokus pada kekuatan Aceh seperti keindahan alam, budaya otentik, dan pengalaman kuliner halal, serta memperhatikan kelemahan seperti infrastruktur transportasi dan konsistensi penerapan standar CHSE. Dengan target pasar yang jelas dan strategi pemasaran yang sesuai, Aceh berpotensi meningkatkan citranya sebagai destinasi wisata halal terkemuka, membuka peluang bagi peningkatan kunjungan wisatawan.