digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tingginya jumlah penduduk Muslim di Indonesia merupakan potensi yang signifikan bagi industri fesyen Muslim. Indonesia saat ini merupakan konsumen fesyen muslim terbesar ketiga di dunia, setelah Turki dan Uni Emirat Arab. Menurut The State Global Islamic Economy, konsumsi fesyen Muslim di Indonesia mencapai $20 miliar, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 18,2%. Dengan potensi yang sangat besar di industri fesyen muslim, brand Lance.Allure ingin meningkatkan bisnisnya agar terus dapat bersaing dengan brand lainnya, sehingga perlu menguji dan meningkatkan proposisi nilainya. Pengujian proposisi nilai yang tepat akan membantu merek memahami lebih dalam apa yang diinginkan konsumen, sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar, untuk menyediakan produk dan layanan yang lebih sesuai dan menarik bagi konsumen dalam konteks fesyen muslim yang sedang berkembang di Indonesia. Penelitian ini berfokus untuk melakukan pengujian proposisi nilai yang komprehensif untuk merek Lance.Allure yang secara khusus menargetkan validasi dengan dua aspek utama: kesesuaian solusi masalah dan kesesuaian pasar produk. Untuk mencapai hal ini, pendekatan metode campuran diimplementasikan. Penelitian kualitatif melibatkan wawancara mendalam untuk mengembangkan peta empati dan kanvas proposisi nilai awal. Penelitian kuantitatif dilakukan melalui survei dengan menggunakan skala Likert 4 poin untuk uji kesesuaian pasar produk. Dengan menganalisis kanvas value proposition dan analisis kompetitor yang telah dilakukan sebelumnya, peneliti menghasilkan tiga hipotesis value proposition, yaitu (1) ukuran khusus dan model khusus, (2) variasi desain yang inklusif untuk ibu menyusui, (3) bahan anti UV dan Cool Touch. Dari ketiga hipotesis value proposition tersebut dilakukan tiga tahap pengujian yaitu validasi minat, validasi preferensi dan validasi kesediaan membayar. Untuk pengujian proposisi nilai menggunakan 4 skala likert. Hasil dari validasi kepentingan, validasi preferensi dan validasi kesediaan untuk membayar menunjukkan bahwa proposisi nilai custom size dan custom model memiliki nilai yang paling baik diantara proposisi nilai yang lain. Dari hasil pengujian proposisi nilai tersebut, langkah selanjutnya adalah menyampaikan proposisi nilai tersebut dengan mengoptimalkan online market place, media sosial dan channel.