digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 TA PP DIMAS HARYO PROJONAGORO 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Karya tulis ilmiah terlampir menggelar penelitian mengenai fenomena terbarukan, yakni AI text-to-image seperti Midjourney, dimana di masa mendatang yang diambang mata akan menyatu dengan system pendidikan, terutama dalam kasus ini adalah performa mahasiswa jurusan desain interior merampungkan tugas-tugas mereka, secara spesifik dalam fase pra-desain, dalam hal ini perfroma merancang konsep desain. Demi mencapai jawaban dari pertanyaan tersebut, tim peneliti menggarap eksperimen yang melibatkan 13 peserta sukarelawan (Mahasiswa Desain Interior) yang terpilih berdasarkan kriteria-kriteria khusus yang cukup merepresentasikan keseluruhan populasi. Peserta penelitian menjalani serangkaian tes, yang terdiri atas sejumlah wawancara, survey dan ujian, ujiannya sendiri adalah menggambar manual dan menggunakan AI text-to-image dalam penelitian ini adalah Midjourney, secara spesifik hasil skor tes mereka dan waktu tempuh menjadi poin penting, sementara survey dan wawancara sebagai penguat kedua data tersebut. Hasil mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan performa, sehingga penelitian ini menekankan bahwa AI text-to-Image Midjourney berdampak positif terhadap proses pendidikan desain interior, terbukti dari meningkatnya performa mahasiswa.