digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Elvera Nuriawati Makki
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Perkembangan dunia bisnis dan kepemimpinan di berbagai industri tidak terlepas dari peran komunikasi perusahaan dan hubungan masyarakat. Sejak dimulainya jaman peradaban, komunikasi telah menjembatani berkembangnya hubungan antar manusia dan institusi, meningkatkan reputasi, serta penyebaran ilmu pengetahuan. Dengan kemajuan dunia digital, komunikasi strategis semakin dianggap penting untuk mengelola reputasi, baik secara personal maupun institusional. Di iklim demokratis dan era keterbukaan, peran komunikasi strategis semakin kritis dan harus dijalankan selaras dengan misi, visi, serta tujuan bisnis. Berbagai tantangan muncul, utamanya dalam perumusan strategi komunikasi, penanganan isu dan krisis manajemen, koordinasi antar fungsi, serta implementasi kampanye komunikasi, sehingga dibutuhkan ahli komunikasi eksternal untuk membantu kelancaran hubungan perusahaan dengan pemangku kepentingannya. Peluang ini menjadi dasar pendirian konsultan komunikasi dan dampak sosial PT Viem Advisory Indonesia (VMCS, abreviasi dari Vera Makki Comunications and Social Impact) pada tahun 2020. Penelitian ini, bertujuan untuk. merumuskan proposisi nilai, dilanjutkan dengan pengajuan model bisnis melalui kerangka kanvas model bisnis yang mendukung proposisi nilai. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif dengan riset yang mengambil data dari hasil wawancara dengan perwakilan ahli industri komunikasi, akademisi, klien dari dunia bisnis, dan pemangku kepentingan dari media arus utama. Selain itu, pengumpulan data sekunder juga dilakukan, yang didukung oleh kajian literatur akademis, teori dasar, dan kerangka konseptual, yang secara sistematis memberikan panduan dalam memulai usaha di bidang konsultan komunikasi dan dampak sosial. Dengan landasan tersebut, penelitian ini menjabarkan analisa dan solusi bisnis, serta rekomendasi agar VMCS dapat dibangun dengan proposisi nilai dan bisnis model yang tepat. Sebagai perusahaan rintisan konsultan komunikasi dan dampak sosial, penelitian ini dirancang agar VMCS dapat menjadi pemimpin dalam industri komunikasi, dengan keunikan tidak hanya berfokus pada profit dunia usaha, namun juga mengutamakan dampak sosial dan keberlanjutan.