digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sambel Korek DNO adalah Restoran Makanan dan Minuman Indonesia yang berfokus pada variasi sambal korek dan turunannya serta berbagai pilihan makanan tradisional Indonesia. Didirikan pada tahun 2016 oleh Dwi Laksono, restoran ini kini telah berkembang menjadi enam cabang. Dengan tingginya populasi di Jakarta dan banyaknya pekerja komuter di daerah Jabodetabek, daerah ini menjadi incaran para pelaku bisnis di industri makanan dan minuman seperti street food, gerai kecil, restoran, dapur bersama, dan lain-lain. Tren penduduk Indonesia yang menyukai makanan pedas dan makanan yang sangat Indonesia serta gaya hidup Generasi Z dan generasi milenial yang sangat konsumtif dan lebih suka membeli makanan siap saji daripada memasak, membuat banyak restoran dan tempat makan yang menggunakan Branding "Sambel". Dengan tingginya daya saing di industri ini, Sambel Korek DNO mengalami penurunan penjualan yang sangat signifikan, sehingga penjualan Sambel Korek DNO tidak mampu mencapai target dari awal tahun 2023 hingga pertengahan tahun 2023. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui akar permasalahan dari kegagalan pencapaian target penjualan tersebut. Penulis melakukan analisis internal dan eksternal yang meliputi analisis STP, bauran pemasaran saat ini, analisis PESTLE, Porter Five Forces, analisis pesaing, dan analisis konsumen. Analisis konsumen dilakukan dengan SPSS 27.0 dan PLS-SEM 4. Berdasarkan analisis konsumen attitude memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Sedangkan Brand awareness dan perceived quality tidak memiliki pengaruh langsung terhadap attitude. Akan tetapi, Perceived value memiliki efek mediasi terhadap Brand awareness, perceived quality dan attitude. Dari analisis SWOT dan root cause analysis diperoleh bahwa kompetitor melakukan bauran pemasaran yang lebih baik dibandingkan dengan Sambel Korek DNO, terutama pada Promotional Marketing Mix, adanya kesenjangan antara komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan dengan harapan dari konsumen dan promosi yang dilakukan kompetitor. Oleh karena itu, penulis mengajukan tiga strategi pemasaran yang berfokus pada bauran pemasaran promosi dan meningkatkan perceived value pada Sambel Korek DNO, yaitu Meningkatkan kualitas Komunikasi Pemasaran Terpadu dengan konten yang berfokus pada peningkatan nilai yang dirasakan pelanggan, Mengintensifkan upaya pemasaran, Meningkatkan pengalaman bersantap di Sambel Korek DNO, dan Meningkatkan pengalaman bersantap di Sambel Korek DNO.