digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Ivan Gunawan Cosmetics (IGC), merek kosmetik local yang telah eksis sejak tahun 2017, dimiliki oleh seorang selebriti dan fashion designer Indonesia terkenal. IGC menghadapi tantangan penurunan penjualan selama pandemi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi untuk meningkatkan penjualan pasca pandemi. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dengan wawancara manajemen internal dan kuesioner kepada konsumen loyal. Data primer dan sekunder digunakan untuk analisis lingkungan internal dan eksternal menggunakan Porter's Five Forces, Value Chain Analysis, Analisis Competitor, SWOT analisis dan Analisis Konsumen. Studi ini memberikan wawasan komprehensif dan sistematis yang menunjukkan kebutuhan untuk strategi baru demi meningkatkan penjualan. Penulis mengusulkan Business Model Canvas (BMC) sebagai landasan strategi baru. BMC mencakup inovasi produk, ekspansi distribusi, aliran pendapatan dan hubungan pelanggan. Program komunikasi pemasaran terintegrasi diperlukan melalui periklanan, promosi penjualan, pemasaran daring, dan analisis data. Dengan keunggulan kompetitif sebagai produk kosmetik milik seorang public figure, IGC perlu beradaptasi dengan persaingan yang semakin ketat di pasar lokal dan global. Studi ini menghasilkan BMC sebagai formulasi strategi dan implementation plan secara praktis dan terukur. Bab 5 menguraikan rekomendasi langkah-langkah teknis eksekusi mencakup mempertahankan konsistensi merek, memperluas kanal distribusi, dan menciptakan konten promosi interaktif, edukatif, dan inspiratif. Dengan meningkatnya persaingan di industri kosmetik Indonesia, pembentukan nilai merek yang kuat dan retensi pelanggan menjadi krusial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan wawancara dan kuesioner untuk menganalisis pengaruh sikap konsumen melibatkan variabel analisis merek dan sikap konsumen terhadap kesan merek STRATEGI BARU UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS KOSMETIK IVAN GUNAWAN) Oleh Maya Soviasari Student ID: 29322117 ( Program Studi Magister Administrasi Bisnis) . iii Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan strategi pemasaran baru untuk meningkatkan penjualan pasca pandemi, memperkuat posisi merek, dan mempertahankan loyalitas pelanggan dalam menghadapi persaingan kompetitif guna keberlanjutan bisnis IGC