COVER Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Maya Soviasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Ivan Gunawan Cosmetics (IGC), merek kosmetik local yang telah eksis sejak
tahun 2017, dimiliki oleh seorang selebriti dan fashion designer Indonesia
terkenal. IGC menghadapi tantangan penurunan penjualan selama pandemi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi untuk
meningkatkan penjualan pasca pandemi. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dengan wawancara
manajemen internal dan kuesioner kepada konsumen loyal. Data primer dan
sekunder digunakan untuk analisis lingkungan internal dan eksternal
menggunakan Porter's Five Forces, Value Chain Analysis, Analisis Competitor, SWOT analisis dan Analisis Konsumen. Studi ini memberikan wawasan
komprehensif dan sistematis yang menunjukkan kebutuhan untuk strategi baru
demi meningkatkan penjualan. Penulis mengusulkan Business Model Canvas (BMC) sebagai landasan strategi
baru. BMC mencakup inovasi produk, ekspansi distribusi, aliran pendapatan
dan hubungan pelanggan. Program komunikasi pemasaran terintegrasi
diperlukan melalui periklanan, promosi penjualan, pemasaran daring, dan
analisis data. Dengan keunggulan kompetitif sebagai produk kosmetik milik seorang public
figure, IGC perlu beradaptasi dengan persaingan yang semakin ketat di pasar
lokal dan global. Studi ini menghasilkan BMC sebagai formulasi strategi dan
implementation plan secara praktis dan terukur. Bab 5 menguraikan rekomendasi langkah-langkah teknis eksekusi mencakup
mempertahankan konsistensi merek, memperluas kanal distribusi, dan
menciptakan konten promosi interaktif, edukatif, dan inspiratif. Dengan meningkatnya persaingan di industri kosmetik Indonesia, pembentukan
nilai merek yang kuat dan retensi pelanggan menjadi krusial. Penelitian ini
menggunakan metode survei dengan wawancara dan kuesioner untuk
menganalisis pengaruh sikap konsumen melibatkan variabel analisis merek dan
sikap konsumen terhadap kesan merek
STRATEGI BARU UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
(STUDI KASUS KOSMETIK IVAN GUNAWAN)
Oleh
Maya Soviasari
Student ID: 29322117
( Program Studi Magister Administrasi Bisnis)
.
iii
Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan strategi pemasaran baru
untuk meningkatkan penjualan pasca pandemi, memperkuat posisi merek, dan
mempertahankan loyalitas pelanggan dalam menghadapi persaingan kompetitif
guna keberlanjutan bisnis IGC