2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - Abstract
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - List of Contents
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - Chapter 1
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - Chapter 2
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - Chapter 3
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - Chapter 4
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - Chapter 5
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa 2015 SK PP Jihan Syifania Anwar [19012099] - References
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi marketing suatu concept store dengan mengidentifikasi strategi bauran pemasaran dalam mempengaruhi dimensi-dimensi ekuitas merek and juga mengidentifikasi factor eksternal serta internal yang dapat mempengaruhi AFFAIRS store saat ini. AFFAIRS store adalah concept store yang menjual produk fashion yang terletak di Jalan Ringroad Utara 20A, Pandega Satya, Kota Yogyakarta. Toko tersebut sudah berdiri sejak tahun 2010 dan menjadi concept store pertama di Yogyakarta yang menjual produk fashion dari beragam merek lokal. Demi meningkatkan target pasar dan penjualan, AFFAIRS perlu untuk meingkatkan kondisinya dengan melihat faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi. Berdasarkan hasil wawancara dan fakta yang terjadi di AFFAIRS store, menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang sudah dilakukan oleh AFFAIRS masih belum maksimal dan memberikan efek terhadap ekuitas mereknya. AFAIRS store perlu memaksimalkan bauran pemasaran demi meningkatakan target pasar mereka dan meningkatkan penjualan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Environmental Scanning Analysis, Marketing Mix strategies, dan Brand Equity. Untuk metode dan pengumpulan data, penelitian ini menggunakan identifikasi masalah, teori-teori dasar, rencana pengumpulan data, metode data analisis, dan terakhir kesimpulan serta rekomendasi.
Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan cara wawancara bersama pemilik dan karyawan-karyawan. Bagian ini menjelaskan tentang kondisi AFFAIRS store saat ini. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner ke 150 responden, yang berisi tiga bagian yaitu, demografi, bauran pemasaran, dan ekuitas merek. Hasil dari penelitian kualitatif adalah dengan memakai EFAS dan IFAS sedangkan untuk penelitian kuantitatif menggunakan Analisi Linier Sederhana. Semua data yang sudah dianalisis dijelaskan di kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Untuk rekomendasi eksternal, AFFAIRS harus mengembangkan strateginya dengan cara memperkuat konsep toko agar berbeda dan menarik perhatian; dan juga meningkatkan kualitas produk dengan harga yang terjangkau. Untuk rekomendasi dari sisi internal, AFFAIRS harus memiliki struktur organisasi yang jelas dengan jumlah 6 karyawan tetap dan mengurangi biaya operasional. Rekomendasi untuk AFFAIRS dari sisi bauran pemasaran adalah dengan memasukkan beberapa poduk fashion untuk wanita dan beberapa merek lokal yang terkenal untuk menarik pelanggan; mengubah strategi harga dengan seperti odd-even pricing; pindah lokasi ke lingkungan mahasiswa dengan tempat yang lebih luas; membuat harga promosi di hari-hari besar dan menjadi partnership di suatu acara. Untuk ekuitas merek, rekomendasi untuk AFFAIRS store adalah meningkatkan world of mouth; membuat cerita menarik tentang nilai dan desain produk yang ada; membangun satu-ke-satu hubungan dengan pelanggan dan memberikan hadiah kepada pelanggan untuk membuat pelanggan setia.