2016 SK PP Edbert Pradnyaputra [19013123] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2016 SK PP Edbert Pradnyaputra [19013123] - Chapter 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2016 SK PP Edbert Pradnyaputra [19013123] - Chapter 2.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2016 SK PP Edbert Pradnyaputra [19013123] - Chapter 3.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2016 SK PP Edbert Pradnyaputra [19013123] - Chapter 4.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2016 SK PP Edbert Pradnyaputra [19013123] - Chapter 5.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Dalam dunia bisnis saat ini, setiap perusahaan harus mampu membentuk sebuah merek yang memiliki asosiasi merek yang baik. Perusahaan akan sulit untuk bertahan dan bersaing jika tidak memiliki kesan positif yang tertanam di benak konsumen mereka. Ini menjadi alasan yang membuat beberapa merek sepatu lokal di Indonesia menjadi kurang menarik di pasar dan mengalami kesulitan untuk bersaing dengan merek internasional karena pasar lebih memilih merek internasional. Untuk bertahan dan bersaing, merek sepatu lokal harus memiliki nilai tambah atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh merek-merek lain dan dapat membuat mereka mampu bersaing dengan merek internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara asosiasi merek dengan loyalitas merek dari sebuah merek. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya mengenai loyalitas merek, konsumen akan lebih setia kepada merek yang memberikan produk yang memiliki asosiasi merek yang positif dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini ingin memeriksa efek dari komponen asosiasi merek yang terdiri dari merek atribut, manfaat merek, dan sikap merek terhadap loyalitas merek. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menemukan asosiasi merek dan loyalitas merek yang dimiliki oleh merek yang dipilih untuk saat ini berdasarkan pendapat konsumen melalui kuisioner dan wawancara. Merek yang dipilih untuk penelitian ini adalah Weidenmann yang merupakan merek sepatu lokal Indonesia dari Bandung yang diproduksi oleh PT. Sugih Jaya. Weidenmann memiliki masalah untuk mempertahankan dan bersaing di pasar Indonesia terutama dengan merek internasional yang membuat Weidenmann kehilangan loyalitas konsumen mereka. Untuk mencapai tujuan penelitian, makalah ini menggunakan tiga metode dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner, wawancara, dan observasi. Asosiasi merek yang terdiri dari atribut merek, manfaat merek, dan sikap merek adalah variabel yang diprediksikan mempengaruhi loyalitas konsumen.Ada 100 responden yang merupakan konsumen dari Weidenmann di Bandung yang terlibat dalam penelitian ini. Proses analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS. Dari analisis kuesioner, nilai dari asosiasi merek dan loyalitas merek Weidenmann berdasarkan pendapat konsumen untuk saat ini adalah positif.. Lalu, menurut hasil analisis regresi linier berganda, atribut merek, manfaat merek, dan sikap merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Weidenmann dengan atribut merek sebagai faktor yang paling berpengaruh. Studi ini memberikan pemahaman mendalam tentang loyalitas merek konsumen terhadap merek Weidenmann dan menciptakan ide baru untuk asosiasi merek Weidenmann untuk bersaing di pasar. Sebagai hasil dari analisis, penulis merekomendasikan Weidenmann untuk mengembangkan atribut merek sepatu dan meningkatkan daya tahan dan kenyamanan sepatu yang merupakan kekuatan dan kelebihan Weidenmann berdasarkan pendapat konsumen.