digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Tren perekonomian menunjukkan hasil positif yang tercermin pada pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3%. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berupaya mencapai kinerja maksimal di tahun 2024 melalui perencanaan dan strategi yang matang guna meningkatkan kinerja perusahaan melebihi pencapaian tahun sebelumnya, 2023. Pencapaian kinerja merupakan suatu proses yang memerlukan berbagai sumber daya seperti keuangan, personel, alat, waktu, dan lainnya. Oleh karena itu, kinerja perusahaan mewakili tingkat pencapaian kebijakan/program/kegiatan dengan menggunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditentukan. Dalam proses perumusan strategi, dilakukan serangkaian langkah untuk merencanakan, mengembangkan, dan menerapkan strategi manajemen dalam bisnis. Untuk menentukan arah dan tujuan manajemen strategis secara akurat, perlu dilakukan analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal. Dalam penelitian ini, digunakan analisis faktor lingkungan internal dan eksternal dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai alat seperti analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environmental, Legal). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis manajemen strategis yang tepat pada subjek penelitian (PT. Auto Putra Andalan) dengan tujuan utama untuk meningkatkan pertumbuhan pasar dan mengembangkan strategi yang selaras secara efektif dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian ini, menghasilkan: berdasarkan kuadran grand strategy, masuk ke dalam Kuadran 1. Kuadran 1 menekankan bahwa kondisi perusahaan memungkinkan untuk tumbuh. Pertumbuhan yang PT. APA dapat melakukan upaya untuk memperluas portofolio yang ada dan menambah portofolio bisnis baru sebagai penghasil pendapatan baru. Strategi besar ini didukung dengan penetapan tujuan strategis perusahaan melalui pemasangan analisis SWOT pada Matriks TOWS. Berdasarkan Matriks TOWS ini, PT. APA telah mengidentifikasi 20 tujuan strategis yang saling terkait yang secara kolektif mengarah pada target keuangan perusahaan