COVER Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 5 Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Dewantoro Adhy Putranto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Tren perekonomian menunjukkan hasil positif yang tercermin pada pertumbuhan
ekonomi sebesar 5,3%. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berupaya
mencapai kinerja maksimal di tahun 2024 melalui perencanaan dan strategi yang
matang guna meningkatkan kinerja perusahaan melebihi pencapaian tahun
sebelumnya, 2023. Pencapaian kinerja merupakan suatu proses yang memerlukan
berbagai sumber daya seperti keuangan, personel, alat, waktu, dan lainnya. Oleh
karena itu, kinerja perusahaan mewakili tingkat pencapaian
kebijakan/program/kegiatan dengan menggunakan berbagai sumber daya untuk
mencapai tujuan perusahaan yang telah ditentukan. Dalam proses perumusan
strategi, dilakukan serangkaian langkah untuk merencanakan, mengembangkan,
dan menerapkan strategi manajemen dalam bisnis. Untuk menentukan arah dan
tujuan manajemen strategis secara akurat, perlu dilakukan analisis terhadap
lingkungan eksternal dan internal. Dalam penelitian ini, digunakan analisis faktor
lingkungan internal dan eksternal dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai
alat seperti analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats),
analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environmental,
Legal). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis manajemen strategis yang
tepat pada subjek penelitian (PT. Auto Putra Andalan) dengan tujuan utama untuk
meningkatkan pertumbuhan pasar dan mengembangkan strategi yang selaras
secara efektif dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Hasil
penelitian ini, menghasilkan: berdasarkan kuadran grand strategy, masuk ke dalam
Kuadran 1. Kuadran 1 menekankan bahwa kondisi perusahaan memungkinkan
untuk tumbuh. Pertumbuhan yang PT. APA dapat melakukan upaya untuk
memperluas portofolio yang ada dan menambah portofolio bisnis baru sebagai
penghasil pendapatan baru.
Strategi besar ini didukung dengan penetapan tujuan strategis perusahaan melalui
pemasangan analisis SWOT pada Matriks TOWS. Berdasarkan Matriks TOWS ini,
PT. APA telah mengidentifikasi 20 tujuan strategis yang saling terkait yang secara
kolektif mengarah pada target keuangan perusahaan