digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keberadaan online di ruang digital sebelumnya hanya dalam bentuk foto profil. Kemajuan zaman mendorong kemampuan untuk mengubah representasi online ini menjadi lebih mudah. Representasi seseorang ini dinamakan avatar. Avatar dapat berbentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Seorang individu dapat mengubah representasi digital mereka sesuai dengan keinginan. Langkah berikutnya adalah untuk menjadikan avatar tersebut interaktif. Teknologi yang digunakan untuk menggerakkan avatar memerlukan beberapa perangkat khusus seperti sensor dan baju tangkap gerak. Namun, teknologi tangkap gerak harus lebih sederhana agar dapat digunakan oleh publik. Perangkat yang digunakan harus dikurangi sehingga sistemnya dapat berjalan dengan jumlah perangkat yang minimum. Peran sensor dapat digantikan dengan teknologi pemrosesan gambar yang dapat mendeteksi bentuk tubuh manusia. Hasil deteksi yang berbentuk titik landmark dapat digunakan sebagai substitusi sensor untuk menggerakkan avatar 3D. Avatar akan bergerak sesuai dengan titik landmark yang dideteksi. Hasil pengujian menunjukkan sistem dapat digunakan untuk pemakaian kasual tetapi sistem belum cukup akurat untuk pemakaian profesional.