digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Niko Fernando
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Penglihatan merupakan salah satu organ vital tubuh manusia yang mempunyai peranan sangat mendasar bagi kehidupan. Dengan penglihatan yang baik, hal ini dapat membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidupnya. Pasar kacamata diperkirakan akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan sebagai akibat dari berbagai faktor, termasuk meningkatnya populasi, pergeseran demografi ke kelompok usia yang lebih tua, dan perubahan gaya hidup yang ditandai dengan semakin tingginya ketergantungan pada gadget digital. Tentunya pandemi COVID19 juga menjadi salah satu faktor meningkatnya penyakit mata karena sebagian besar masyarakat menggunakan gadget dalam kehidupannya sehingga menimbulkan gejala digital eye strain. Dengan demikian, hal ini menjadi faktor pendukung berkembangnya pasar optik. Pasar ini berkembang paling cepat di kawasan Asia Pasifik, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 13,5%. Toko ritel optik offline memberikan janji dan nilai yang signifikan. Bisnis fisik ini memberikan pelanggan pengalaman belanja yang mendalam dan nyata yang tak tertandingi oleh belanja internet. Untuk menjamin bahwa pelanggan menerima resep yang akurat dan pilihan kacamata yang berbeda, dokter mata dan staf toko menawarkan layanan yang disesuaikan seperti pemasangan bingkai, pemeriksaan mata profesional, dan konsultasi lensa ahli. Di etalase sebenarnya, pelanggan mungkin mencoba bingkai secara fisik untuk menilai kesesuaian, kenyamanan, dan gaya. Anggota staf yang terlatih siap memberikan bantuan tepat waktu. Selain itu, beragam pilihan kacamata, termasuk merek desainer dan barang khusus, biasanya tersedia di tokotoko ini, sehingga memberikan pelanggan kesempatan untuk membaca dengan teliti dan memilih dari beragam inventaris. Selain itu, toko ritel optik menumbuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan, terutama di antara mereka yang menghargai interaksi tatap muka atau memiliki kebutuhan penglihatan tertentu yang memerlukan bimbingan ahli. Melihat perkembangan pasar tersebut, perseroan ingin melakukan ekspansi dengan menyasar Karawang Barat, Karawang Timur, dan Cikarang sebagai sasaran pembukaan cabangnya. dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) akan mampu meningkatkan kualitas pengambilan keputusan yang akan dihasilkan perusahaan mulai dari pengembangan kriteria dan sub kriteria yang pada akhirnya dapat menentukan alternatif terbaik. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi kriteria dan subkriteria baru bagi perusahaan dan juga menentukan lokasi mana dari ketiga alternatif yang akan diberikan perusahaan.