Penglihatan merupakan salah satu organ vital tubuh manusia yang mempunyai
peranan sangat mendasar bagi kehidupan. Dengan penglihatan yang baik, hal ini
dapat membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidupnya. Pasar kacamata
diperkirakan akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan sebagai akibat dari
berbagai faktor, termasuk meningkatnya populasi, pergeseran demografi ke
kelompok usia yang lebih tua, dan perubahan gaya hidup yang ditandai dengan
semakin tingginya ketergantungan pada gadget digital. Tentunya pandemi COVID19 juga menjadi salah satu faktor meningkatnya penyakit mata karena sebagian
besar masyarakat menggunakan gadget dalam kehidupannya sehingga menimbulkan
gejala digital eye strain. Dengan demikian, hal ini menjadi faktor pendukung
berkembangnya pasar optik. Pasar ini berkembang paling cepat di kawasan Asia
Pasifik, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 13,5%. Toko ritel optik offline
memberikan janji dan nilai yang signifikan. Bisnis fisik ini memberikan pelanggan
pengalaman belanja yang mendalam dan nyata yang tak tertandingi oleh belanja
internet. Untuk menjamin bahwa pelanggan menerima resep yang akurat dan pilihan
kacamata yang berbeda, dokter mata dan staf toko menawarkan layanan yang
disesuaikan seperti pemasangan bingkai, pemeriksaan mata profesional, dan
konsultasi lensa ahli. Di etalase sebenarnya, pelanggan mungkin mencoba bingkai
secara fisik untuk menilai kesesuaian, kenyamanan, dan gaya. Anggota staf yang
terlatih siap memberikan bantuan tepat waktu. Selain itu, beragam pilihan
kacamata, termasuk merek desainer dan barang khusus, biasanya tersedia di tokotoko ini, sehingga memberikan pelanggan kesempatan untuk membaca dengan teliti
dan memilih dari beragam inventaris. Selain itu, toko ritel optik menumbuhkan
kepercayaan diri dan kepercayaan, terutama di antara mereka yang menghargai
interaksi tatap muka atau memiliki kebutuhan penglihatan tertentu yang memerlukan
bimbingan ahli. Melihat perkembangan pasar tersebut, perseroan ingin melakukan
ekspansi dengan menyasar Karawang Barat, Karawang Timur, dan Cikarang
sebagai sasaran pembukaan cabangnya. dengan menggunakan metode Analytical
Hierarchy Process (AHP) akan mampu meningkatkan kualitas pengambilan
keputusan yang akan dihasilkan perusahaan mulai dari pengembangan kriteria dan
sub kriteria yang pada akhirnya dapat menentukan alternatif terbaik. Hasil
penelitian ini memberikan rekomendasi kriteria dan subkriteria baru bagi
perusahaan dan juga menentukan lokasi mana dari ketiga alternatif yang akan
diberikan perusahaan.