Ekspor merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan
perekonomian nasional. (Salvator, 1990). Peningkatan ekspor dan investasi yang
dilakukan negara-negara berkembang dapat meningkatkan output dan
pertumbuhan ekonomi. Namun jika melihat tren ekspor Indonesia hingga
pertengahan tahun, situasi ekspor mengalami penurunan pada bulan April 2023.
Ekspor Indonesia mengalami penurunan yang signifikan sebesar 29,4%
dibandingkan tahun sebelumnya, atau terendah dalam 15 bulan sebesar USD 19,29
miliar. Penurunan ini menyusul penurunan pada bulan sebelumnya sebesar
11,63% dan melampaui ekspektasi pasar yang turun sebesar 18,55%.
Untuk mendongkrak kinerja ekspor Indonesia, Bank Negara Indonesia tengah
berupaya mengembangkan model bisnis baru bernama Xpora yang secara khusus
menyasar kemajuan pelaku usaha di bidang ekspor pada segmen Usaha Mikro,
Kecil, dan Menengah dan komersial dengan fokus utama pada pemberdayaan dan
fasilitasi mereka. Namun Berdasarkan Laporan Tahunan BNI 2022, segmen luar
negeri memberikan kontribusi sebesar 12,6% terhadap kinerja produk secara
keseluruhan, meningkat 15,3% dibandingkan tahun sebelumnya 14,66%. Namun,
meski mengalami tren positif, proporsi segmen luar negeri masih paling kecil
dibandingkan segmen lainnya. Data tersebut menunjukkan bahwa segmen luar
negeri belum mengalami lonjakan signifikan sejak berdirinya BNI Xpora.
Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif melalui media survei dengan
menggunakan konsep Five A’s untuk mengukur tingkat kesadaran UKM terhadap
Xpora. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor yang penyebabnya adalah
kurangnya fasilitas pendukung dan perubahan perilaku konsumen terkait
pencarian informasi, kurangnya aktivasi digital dan konten promosi yang tidak
menarik, ketidaksesuaian layanan dengan kebutuhan pelanggan, kurangnya
kesadaran terhadap proposisi merek baru. dari BNI. Beberapa strategi pemasaran
disusun untuk meningkatkan tingkat kesadaran Xpora sehingga dapat mendorong
tingkat akuisisi dari UKM. Diantaranya, Kemitraan dengan pihak ketiga untuk
meningkatkan program workshop dan jangkauan pemasaran serta memaksimalkan
pemanfaatan saluran digital.