digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi hal yang penting bagi merek kecantikan Kebangkitan platform TikTok telah mempopulerkan video makeup, yang berdampak pada promosi elektronik dari mulut ke mulut (eWOM). Meskipun penelitian sebelumnya mengeksplorasi pendahuluan eWOM, tidak ada yang menyelidiki indikator khusus untuk video makeup haul TikTok. Wawancara peneliti awal menyoroti aspek-aspek yang tidak disukai responden dan tantangan merek dalam menilai tingkat konversi penjualan platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen dalam video makeup haul TikTok yang mempengaruhi keputusan pembelian Generasi Z, dengan menekankan pada audiens terbesar platform tersebut. Dengan menggabungkan metode kualitatif (wawancara semi-terstruktur) dan metode kuantitatif (survei online), penelitian ini berfokus pada responden Generasi Z yang melihat video pengambilan riasan TikTok dan melakukan setidaknya satu pembelian riasan dalam setahun terakhir. Data wawancara, dianalisis menggunakan pengkodean terbuka, mengidentifikasi enam elemen yang mempengaruhi: kualitas argumen, keandalan sumber, daya tarik, persepsi, gaya, dan interaksi TikTok yang kuat. Analisis data survei PLS-SEM mengungkapkan bahwa video makeup haul TikTok berdampak pada daya tarik sumber dan tingginya keterlibatan TikTok, yang dimediasi oleh niat untuk menggunakan, yang pada akhirnya mendorong keputusan pembelian. Temuan ini menjelaskan variabel dan efektivitas video makeup haul TikTok dalam mempengaruhi pilihan pembelian Generasi Z, memberikan wawasan untuk meningkatkan penjualan