Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana merumuskan strategi bisnis EVOS ESport
dalam meningkatkan keterlibatan pemirsa mereka yang mana Industri Esport
telah menjadi salah satu Industri yang diperhitungkan di dunia. Evos
merupakan salah satu perusahaan Esport terbesar di Asia yang juga memberikan
kontribusi besar dalam industry Esport. Isu bisnis dalam riset ini adalah penurunan
jumlah subscriber dan juga reaksi penonton terhadap beberapa event yang
diadakan secara online melalui media sosial, hal ini berdampak pada citra EVOS
E-Sport yang bisa berdampak pada penurunan mitra sponsorship dan juga
penjualan barang dari EVOS E-Sport yang mana dapat memberikan ancaman
terhadap keberlangsungan Evos Esport dalam menghadapi pasar Esport yang
semakin besar. Pendekatan FGD digunakan untuk menjawab dan merumuskan
strategi bisnis EVOS E-Sport untuk melihat nilai dari setiap faktor yang
mempengaruhi ranah bisnis dari Evos Esport. Metode analisis strategi disusun
dengan mempertimbangkan faktor internal (The Firm) dan eksternal (The Industry
Environment) kemudian penyusunan Strategi Bisnis melalui Contemporary
Strategy Analysis. Guna mengetahui prioritas strategi, disusun melalui Analytical
Hierarchy Process (AHP). AHP Bertujuan untuk melihat prioritas Tindakan yang
dapat diambil oleh Evos Esport dalam menghadapi penurunan di Viewers
Engagement yang mana melihat 4 aspek (Pro Player, Brand Ambassador,
Management dan Kompetitor) dalam perusahaan tersebut. Implementasi Langkah
dalam persiapan peningkatan viewers engagement juga dilakukan sesuai dengan
urutan berdasarkan Analytical Hierarchy process.