digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana merumuskan strategi bisnis EVOS ESport dalam meningkatkan keterlibatan pemirsa mereka yang mana Industri Esport telah menjadi salah satu Industri yang diperhitungkan di dunia. Evos merupakan salah satu perusahaan Esport terbesar di Asia yang juga memberikan kontribusi besar dalam industry Esport. Isu bisnis dalam riset ini adalah penurunan jumlah subscriber dan juga reaksi penonton terhadap beberapa event yang diadakan secara online melalui media sosial, hal ini berdampak pada citra EVOS E-Sport yang bisa berdampak pada penurunan mitra sponsorship dan juga penjualan barang dari EVOS E-Sport yang mana dapat memberikan ancaman terhadap keberlangsungan Evos Esport dalam menghadapi pasar Esport yang semakin besar. Pendekatan FGD digunakan untuk menjawab dan merumuskan strategi bisnis EVOS E-Sport untuk melihat nilai dari setiap faktor yang mempengaruhi ranah bisnis dari Evos Esport. Metode analisis strategi disusun dengan mempertimbangkan faktor internal (The Firm) dan eksternal (The Industry Environment) kemudian penyusunan Strategi Bisnis melalui Contemporary Strategy Analysis. Guna mengetahui prioritas strategi, disusun melalui Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP Bertujuan untuk melihat prioritas Tindakan yang dapat diambil oleh Evos Esport dalam menghadapi penurunan di Viewers Engagement yang mana melihat 4 aspek (Pro Player, Brand Ambassador, Management dan Kompetitor) dalam perusahaan tersebut. Implementasi Langkah dalam persiapan peningkatan viewers engagement juga dilakukan sesuai dengan urutan berdasarkan Analytical Hierarchy process.