digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Farell Javier
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Dalam konteks pasar yang dinamis seperti Indonesia, yang ditandai dengan pertumbuhan populasi yang pesat dan peningkatan penggunaan internet, pengiklan luar ruang menghadapi peluang unik. Indonesia merupakan salah satu pemimpin dunia dalam hal adopsi internet, dan diperkirakan akan terus meningkat dalam jumlah pengguna di tahun-tahun mendatang. Transformasi digital ini, yang dipimpin oleh platform media sosial, menawarkan kepada pengiklan alat yang ampuh untuk terhubung dengan audiens mereka. Media sosial, sebagai platform digital yang penting, telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Pelanggan sering kali menggunakan media sosial untuk menginformasikan keputusan pembelian mereka, sehingga hal ini semakin meningkatkan signifikansinya dalam strategi bisnis. Selain memfasilitasi interaksi pelanggan-bisnis, ini juga mendorong komunikasi pelanggan-ke-pelanggan, mengubahnya menjadi media komunikasi multifaset. PT. Saji Media Pratama, sebuah perusahaan periklanan luar rumah (OOH) yang berbasis di Indonesia, telah beroperasi sejak tahun 1996 dan telah memberikan jasanya kepada banyak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan OOH mereka. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan menghadapi tantangan karena platform pemasaran digitalnya kesulitan menarik klien baru dan mengakibatkan rendahnya kesadaran merek. Penelitian ini mengkaji faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan untuk menawarkan strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan akuisisi klien. Analisis internal perusahaan meliputi pelaksanaan analisis VRIO, analisis CRM, dan analisis konten. Analisis eksternal perusahaan meliputi pemanfaatan analisis Lima Kekuatan Porter, analisis pelanggan, dan analisis persaingan. Data diperoleh dengan melakukan tinjauan sistematis terhadap jurnal akademis yang relevan dan dengan melakukan wawancara mendalam dengan karyawan Saji Media saat ini dan pelanggan potensial. Hasilnya akan dikembangkan menggunakan analisis SWOT untuk menjawab pertanyaan penelitian dan mengusulkan strategi pemasaran digital dengan RACE Planning Framework