Dalam konteks pasar yang dinamis seperti Indonesia, yang ditandai dengan pertumbuhan
populasi yang pesat dan peningkatan penggunaan internet, pengiklan luar ruang menghadapi
peluang unik. Indonesia merupakan salah satu pemimpin dunia dalam hal adopsi internet, dan
diperkirakan akan terus meningkat dalam jumlah pengguna di tahun-tahun mendatang.
Transformasi digital ini, yang dipimpin oleh platform media sosial, menawarkan kepada
pengiklan alat yang ampuh untuk terhubung dengan audiens mereka. Media sosial, sebagai
platform digital yang penting, telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran dan
keterlibatan pelanggan. Pelanggan sering kali menggunakan media sosial untuk
menginformasikan keputusan pembelian mereka, sehingga hal ini semakin meningkatkan
signifikansinya dalam strategi bisnis. Selain memfasilitasi interaksi pelanggan-bisnis, ini juga
mendorong komunikasi pelanggan-ke-pelanggan, mengubahnya menjadi media komunikasi
multifaset. PT. Saji Media Pratama, sebuah perusahaan periklanan luar rumah (OOH) yang
berbasis di Indonesia, telah beroperasi sejak tahun 1996 dan telah memberikan jasanya kepada
banyak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan OOH mereka. Namun, dalam beberapa tahun
terakhir, perusahaan menghadapi tantangan karena platform pemasaran digitalnya kesulitan
menarik klien baru dan mengakibatkan rendahnya kesadaran merek. Penelitian ini mengkaji
faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan untuk menawarkan strategi
pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan akuisisi klien.
Analisis internal perusahaan meliputi pelaksanaan analisis VRIO, analisis CRM, dan analisis
konten. Analisis eksternal perusahaan meliputi pemanfaatan analisis Lima Kekuatan Porter,
analisis pelanggan, dan analisis persaingan. Data diperoleh dengan melakukan tinjauan
sistematis terhadap jurnal akademis yang relevan dan dengan melakukan wawancara mendalam
dengan karyawan Saji Media saat ini dan pelanggan potensial. Hasilnya akan dikembangkan
menggunakan analisis SWOT untuk menjawab pertanyaan penelitian dan mengusulkan strategi
pemasaran digital dengan RACE Planning Framework