Perkembangan industri dunia, menuntut setiap industri untuk dapat bekerja dengan lebih efektif
dan efisien. Akibat perkembangan ini industri konstruksi membutuhkan personil-personil
manajemen yang lebih kompeten guna menghadapi tantangan tersebut (Lee, Jeffreys, Ponton,
& Cohn, 2011). Memiliki personil yang kompeten merupakan salah satu cara agar industri
konstruksi dapat mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan magister MRK (Manajemen dan
Rekayasa Konstruksi) menjadi salah satu program pendidikan penghasil personil manajemen
konstruksi. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi terhadap pendidikan dan penelitian
MRK di Indonesia, dengan tujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesesuaian pendidikan dan
penelitian MRK dengan kebutuhan SDM industri konstruksi nasional serta mendapatkan
proyeksi arah ke depan mengenai kurikulum pendidikan dan topik penelitian MRK dalam
membantu perkembangan industri konstruksi nasional. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode content analysis pada kurikulum pendidikan magister MRK dan topik
penelitian MRK terdahulu dari berbagai sumber literatur seperti jurnal, white paper, textbook,
dan proceeding untuk nantinya dibandingkan dengan hasil kuesioner akan pendapat para
praktisi terhadap aspek pendidikan dan topik penelitian yang dapat membantu dalam industri
konstruksi nasional. Hasil yang diperoleh yaitu untuk aspek pendidikan yang diberikan dalam
pendidikan magister MRK masih banyak yang belum sesuai sedangkan untuk penelitian MRK
hingga saat ini sedikit di antaranya yang belum sesuai dengan apa yang diharapkan di industri
konstruksi nasional. Dengan diketahui hal ini, maka proyeksi arah yang dapat diberikan untuk
pendidikan dan penelitian yaitu dengan peningkatan tingkat penerapan dan pengakjian pada
beberapa aspek pendidikan dan topik penelitian.