digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan industri dunia, menuntut setiap industri untuk dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Akibat perkembangan ini industri konstruksi membutuhkan personil-personil manajemen yang lebih kompeten guna menghadapi tantangan tersebut (Lee, Jeffreys, Ponton, & Cohn, 2011). Memiliki personil yang kompeten merupakan salah satu cara agar industri konstruksi dapat mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan magister MRK (Manajemen dan Rekayasa Konstruksi) menjadi salah satu program pendidikan penghasil personil manajemen konstruksi. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi terhadap pendidikan dan penelitian MRK di Indonesia, dengan tujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesesuaian pendidikan dan penelitian MRK dengan kebutuhan SDM industri konstruksi nasional serta mendapatkan proyeksi arah ke depan mengenai kurikulum pendidikan dan topik penelitian MRK dalam membantu perkembangan industri konstruksi nasional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode content analysis pada kurikulum pendidikan magister MRK dan topik penelitian MRK terdahulu dari berbagai sumber literatur seperti jurnal, white paper, textbook, dan proceeding untuk nantinya dibandingkan dengan hasil kuesioner akan pendapat para praktisi terhadap aspek pendidikan dan topik penelitian yang dapat membantu dalam industri konstruksi nasional. Hasil yang diperoleh yaitu untuk aspek pendidikan yang diberikan dalam pendidikan magister MRK masih banyak yang belum sesuai sedangkan untuk penelitian MRK hingga saat ini sedikit di antaranya yang belum sesuai dengan apa yang diharapkan di industri konstruksi nasional. Dengan diketahui hal ini, maka proyeksi arah yang dapat diberikan untuk pendidikan dan penelitian yaitu dengan peningkatan tingkat penerapan dan pengakjian pada beberapa aspek pendidikan dan topik penelitian.