Penelitian ini akan membahas analisis untuk melihat bagaimana pengaruh kerusakan pada jembatan dapat mempengaruhi nilai fleksibilitas elemen-elemen jembatan. Dalam laporan ini akan dibuat suatu sistem deteksi kerusakan yang memiliki sensitivitas terhadap nilai fleksibilitas. Pada simulasi numerik, akan dilakukan pengujian nilai fleksibilitas pada kondisi struktur ideal dan rusak. Kerusakan akan divariasikan berdasarkan tingkat kerusakan dan lokasi kerusakan yang dimodelkan dengan perubahan luas penampang beton. Jenis kerusakan akan dibagi menjadi tiga katagori besar yaitu kerusakan tunggal, kerusakan majemuk pada satu girder, dan kerusakan majemuk pada multi girder. Lokalisasi penentuan kerusakan struktur akan menggunakan uji nilai statistik dengan reliabilitas 97 persen kerusakan terjadi.
Sistem ini nantinya akan digunakan untuk memprediksi kondisi jembatan dari data akselerasi terbatas pada struktur jembatan pada lapangan. Data yang akan diolah berupa data akselerasi pada titik-titik tertentu. Data akselerasi tersebut akan diekstraksi nilai-nilai modal parameternya. Nilai modal parameter yang didapatkan akan diolah dan dibandingkan dengan model elemen hingga sebagai kondisi awal struktur. Nilai tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam sistem deteksi kerusakan yang telah dibuat.