digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perusahaan pencairan gas alam Indonesia, Badak LNG, tengah melakukan transformasi bisnis sebagai respon atas berkurangnya pasokan feed gas. Setelah menjadi operator kilang LNG dengan basis non-profit selama lebih dari empat dekade, Badak LNG baru-baru ini mulai berbagi keahlian dan menyediakan layanan terkait LNG kepada perusahaan LNG lainnya. Sebagaimana studi transformasi perusahaan sebelumnya menyoroti kurangnya pengalaman pemasaran, data dari lima tahun terakhir juga menunjukkan tidak tercapainya target pertumbuhan pendapatan, yang merupakan salah satu tanda kurang efektifnya pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi brand yang tepat, sebagai inti dari strategi pemasaran, dan menyusun rencana brand building bagi Badak LNG. Berdasarkan evaluasi terhadap karakteristik bisnisnya sebagai penyedia jasa B2B, maka corporate brand merupakan strategi yang lebih tepat bagi Badak LNG. Perusahaan dapat memanfaatkan pengalaman dan keahliannya yang luas untuk mengembangkan corporate brand sebagai penyedia layanan di bidang LNG. Untuk mengikuti strategi tersebut, brand mission didefinisikan untuk memberikan kepastian bagi pelanggan. Setelah mengevaluasi target pasar dan pesaingnya, brand pesonality atau value proposition Badak LNG dapat ditentukan. Selain itu, dikembangkan pula brand promise berdasarkan atribut fungsional yang dimaksudkan untuk meyakinkan pelanggan bahwa Badak LNG akan selalu memiliki solusi atas permasalahannya. Internalisasi dan enkulturasi nilainilai brand penting untuk pencitraan brand perusahaan, dan perusahaan harus mengkomunikasikan nilai-nilai brand tidak hanya kepada pasar tetapi juga pemangku kepentingan internal. Perusahaan perlu meningkatkan konsistensinya dalam memasukkan nilai-nilai brand ke dalam strategi komunikasinya. Berdasarkan gap analysis yang dilakukan terhadap komponen brand building Badak LNG terhadap apa yang secara teoritis dapat diterima atau memuaskan, terdapat beberapa komponen yang belum ada dan perlu dikembangkan, sedangkan komponen lain yang sudah ada namun kurang memuaskan perlu ditingkatkan.