digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Yayasan CarbonEthics merupakan organisasi nonprofit yang berperan dalam melawan perubahan iklim melalui pengurangan volume CO2 dari udara yang diwujudkan dengan melakukan penanaman tanaman laut. Selain menerima donasi dari pihak eksternal, CarbonEthics melakukan penjualan produk untuk menjalankan organisasinya. Meskipun telah berhasil melakukan penjualan produk selama dua tahun terakhir, CarbonEthics memiliki pertumbuhan yang stagnan dan fluktuatif. Dalam mengatasi hal tersebut, perancangan fitur dilakukan pada website dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memperhatikan Customer experiences (CX). Perancangan CX berbasis website dilakukan dengan mengadaptasi Metodologi System Development Life Cycle (SDLC). Perancangan dilakukan dengan mempelajari kebutuhan pelanggan melalui penyebaran kuesioner, memetakan kebutuhan pelanggan melalui Persona Canvas dan Customer Journey Map, menentukan peluang pengembangan dengan menyesuaikan dimensi CX, pemetaan proses bisnis perusahaan, penentuan ruang lingkup dan objektif, penentuan fitur pengembangan sistem informasi, identifikasi kebutuhan, pemodelan sistem, dan pembuatan protipe user interface. Hasil desain pengembangan sistem informasi akan diverifikasi dengan kebutuhan fungsional. Hasil desain pengembangan sistem informasi divalidasi dengan penggunaan dimensi CX dan pihak perusahaan. Hasil verifikasi dan validasi menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dapat digunakan dengan menyalurkan fitur yang dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, aktivitas pemasaran yang berdasarkan data pelanggan, dan efisiensi aktivitas penamanan untuk menyalurkan bukti kepada pelanggan.