Pada suatu perusahaan yang memproduksi suatu produk atau jasa sangat mengutamakan
kepuasan pelanggan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan
produk atau jasa tersebut. Dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, sesuatu hal yang
umum diberikan oleh perusahaan kepada konsumennya, yaitu pelayanan pasca penjualan.
Pelayanan pasca penjualan merupakan suatu proses pelayanan yang dapat diberikan oleh
perusahaan setelah pelanggan membeli produk atau berlangganan dengan jasa dengan tujuan
untuk membuat produk dan jasa berjalan dengan baik untuk kedepannya sehingga akan
menimbulkan kepuasan pelanggan. Pada kondisi saat ini, PT XYZ menerima keluhan dari para
pelanggan produk Y seperti gangguan jaringan (80%-83%). Dengan terdapatnya permasalahan
pada beberapa bagian layanan suatu kehandalan dari penyedia jasa yang menyebabkan adanya
ketidakpuasan para pelanggan.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk melakukan perbaikan dengan cara
melakukan penilaian kualitas layanan eksisting. Penilaian kualitas layanan diukur dengan
menggunakan atribut layanan telekomunikasi yang dikembangkan berdasarkan 5 dimensi
kualitas jasa oleh Zeithaml dkk. (2017) dan atribut layanan oleh Ngwenya (2017). Penilaian
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelanggan PT XYZ. Selain penilaian
kualitas, penyebaran kuesioner digunakan untuk mendapatkan data tingkat kepentingan dan
klasifikasi KANO yang akan digunakan sebagai data pada pemetaan matriks refined IV-A
KANO. Berdasarkan pemetaan tersebut, terdapat 5 atribut layanan telekomunikasi yang harus
diprioritaskan untuk dilakukannya perbaikan yaitu gangguan jaringan layanan internet rata-rata
jarang terjadi, kecepatan layanan internet rata-rata stabil, pada aplikasi MyY Pelanggan dapat
melakukan refresh jaringan internet secara mandiri, aplikasi MyY dapat membantu jika adanya
permasalahan terhadap jaringan internet dan aplikasi MyY menampilkan semua informasi
terkait adanya gangguan terhadap jaringan internet.
Dengan menggunakan beberapa metode tambahan yaitu customer journey maps, wireframe dan
product requirement documents didapatkannya beberapa usulan untuk perbaikan 5 atribut
tersebut yaitu Pengembangan fitur troubleshooting, Pengembangan fitur FAQ dan Chat Bot,
Pengembangan Status Layanan, Pengembangan kondisi jaringan dan melakukan evaluasi
terhadap setiap pemasangan layanan baru.