COVER Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Filbert
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Yayasan CarbonEthics merupakan organisasi nonprofit yang berperan dalam
melawan perubahan iklim melalui pengurangan volume CO2 dari udara yang
diwujudkan dengan melakukan penanaman tanaman laut. Selain menerima donasi
dari pihak eksternal, CarbonEthics melakukan penjualan produk untuk
menjalankan organisasinya. Meskipun telah berhasil melakukan penjualan produk
selama dua tahun terakhir, CarbonEthics memiliki pertumbuhan yang stagnan dan
fluktuatif. Dalam mengatasi hal tersebut, perancangan fitur dilakukan pada website
dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memperhatikan
Customer experiences (CX).
Perancangan CX berbasis website dilakukan dengan mengadaptasi Metodologi
System Development Life Cycle (SDLC). Perancangan dilakukan dengan
mempelajari kebutuhan pelanggan melalui penyebaran kuesioner, memetakan
kebutuhan pelanggan melalui Persona Canvas dan Customer Journey Map,
menentukan peluang pengembangan dengan menyesuaikan dimensi CX, pemetaan
proses bisnis perusahaan, penentuan ruang lingkup dan objektif, penentuan fitur
pengembangan sistem informasi, identifikasi kebutuhan, pemodelan sistem, dan
pembuatan protipe user interface.
Hasil desain pengembangan sistem informasi akan diverifikasi dengan kebutuhan
fungsional. Hasil desain pengembangan sistem informasi divalidasi dengan
penggunaan dimensi CX dan pihak perusahaan. Hasil verifikasi dan validasi
menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan untuk meningkatkan
loyalitas pelanggan dapat digunakan dengan menyalurkan fitur yang dapat
meningkatkan interaksi dengan pelanggan, aktivitas pemasaran yang berdasarkan
data pelanggan, dan efisiensi aktivitas penamanan untuk menyalurkan bukti kepada
pelanggan.