digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Setiap perusahaan berusaha untuk mengembangkan kapasitasnya dengan meningkatkan brand awareness perusahaan sehingga menjadi berada di posisi top of mind yang kemudian bisa mendatangkan investor bila perusahaan tersebut akan melakukan IPO. Akan tetapi seringkali perusahaan menghadapi isu-isu strategi yang menghalangi pencapaian, misalnya pengalaman buruk pelanggan saat menggunakan produk, pelayanan yang buruk, pemberitaan yang buruk dari konsumen lainnya, atau karyawan yang tidak paham tujuan besar dari perusahaan. Kendala-kendala tersebut bisa muncul akibat dari ketidak jelasan teknis dan materi pemasaran perusahaan yang dikomunikasikan kepada audiens baik internal ataupun eksternal. Study ini mengkaji bagaimana komunikasi marketing yang terintegrasi dapat meningkatkan brand awareness perusahaan sehingga memberikan sentiment positif kepada pasar dan investor. Ini dalah study kasus yang dibatasi pada mencari pemasalahan komunikasi pemasaran dari PT Pupuk Kaltim dalam meningkatkan brand awareness perusahaan dan merumuskan solusi komunikasi marketing yang tepat dan effsien. Data informasi diperoleh dari wawancara dan observasi yang melibatkan seluruh karyawan perusahaan dari setiap level. Data yang dipeoleh kemudian ditriangulasikan untuk mendapatkan informasi yang valid dan terpercaya. Untuk mencapai brand awareness perusahaan harus melihat bagaimana level buyer readiness mereka di kalangan pembeli. Berdasarkan dari analisa ditemukan bahwa permasalahan terbesar dari perusahaan adalah regulasi satu pintu dalam menyelenggarakan kampanye pemasaran untuk mempublikasikan kinerja dan prestasi perusahaan serta mengkomunikasikan program-program pengembangan perusahaan. Dengan adanya regulasi tersebut maka perusahaan harus memiliki alternatif cara serta bank data materi yang digunakan dalam strategy marketing komunikasinya. Strategi penyusunan materi narasi diterapkan dalam marketing komunikasi PT Pupuk Kaltim sehingga perusahaan bisa dengan cepat mengatasi serangan pemberitaan miring serta lebih tajam dan tepat sasaran dalam menembakan berita-berita yang berisikan program serta capaian perusahaan. Strategi yang diimplementasikan selama satu tahun ini melibatkan seluruh karyawan dan stakesholder perusahaan untuk mendapatkan hasil yang holistic.