digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SHIELD adalah sebuah aplikasi manajemen risiko yang dikembangkan secara khusus untuk mendukung proses manajemen risiko di Perusahaan. Sebagai pemula di industry, SHIELD sulit berinteraksi dengan klien akibat rendahnya kesadaran merek yang diakibatkan terutama karena keberadaan digital dan portfolio yang rendah. Hal ini membuat SHIELD sulit ditemukan di internet dan tidak meyakinkan di mata klien bahkan pada situasi permintaan aplikasi yang sedang meningat. Oleh karena itu, SHIELD perlu membangun platform digital yang kuat agar dapat menarik perhatian pasar yang dituju. Kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini didasrkan pada Kerangka Komnikasi Pemasaran Terintegrasi yang dibangun oleh Michael Belch. Hal ini dimulai dengan menganalisa situasi aktivitas pemasaran melalui analisis internal dan eksternal melalui proses wawancara dengan ahli yang bekerja pada bidang manajemen risiko dan data sekunder. Hasil wawancara digunakan untuk analisis SWOT, dan selanjutnya dilanjutkan dengan formulasi strategi menggunakan analisis TOWS. Hasil analisis tersebut kemudian digunakan untuk merancang strategi pemasaran yang spesifik merujuk pada enam saluran, yaitu pemasaran langsung, penjualan personal, pemasaran digital, hubungan masyarakan, periklanan, dan promosi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketidakberadaan situs web yang didekasikan khusus untuk SHIELD dan tidak adanya fungsi uji coba adalah fakto utama dari permasalahan. Faktor lain yang berkontribusi adalah kurangnya testimoni kinerja SHIELD di pasar sehingga tampak tidak meyakinkan. Terdapat dua jenis rencana yang diusulkan pada penulisan ini agar dapat meningkatkan peluang berinteraksi dengan target pasar, yaitu melalu rencana terjadwal yang melibatkan pengembangan situs web SHIELD dan rencana adaptif yang memerlukan partisipasi dalam acara langsung. Melalui kasus SHIELD, startup yang mempunyai tujuan untuk memasuki pasar yang sama atau sejenis dapat menggunakan pembelajaran pada kasus ini dan menerapkannya agar dapat meningkatkan kinerja Perusahaan tersebut.