digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

23219343 Fahira Azizah.pdf
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Penggunaan motor Permanent Magnet Synchronous Motor, atau PMSM telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam kendaraan listrik yang digunakan sebagai motor penggerak utama karena beberapa keunggulannya. Pada sistem kendaraan listrik, salah satu upaya dalam mengoptimalkan kinerja mobil listrik adalah dengan mendesain kendali kecepatan motor yang efisien. Dibuatnya kendali kecepatan motor yang tepat, dapat mempengaruhi sejumlah factor, seperti efisiensi konversi energi listrik menjadi gerakan, kecepatan kendaraan, dan daya tahan baterai. Banyak cara yang ditempuh untuk efisiensi energi ini, di antaranya melalui cara pengaturan kendali kecepatan optimal dari motor pada kendaraan listrik. Pada penelitian ini dibuat sistem kendali kecepatan motorr PMSM dengan energi sinyal kendali minimal. Skema sistem kendali optimal dibuat dengan indeks kinerja kuadratis linier, atau Linear Quadratic Integrator (LQI). Kontroler PI digunakan sebagai pembanding. Kontroler LQI yang dibuat diinginkan agar memenuhi spesifikasi respon yang disyaratkan. Dalam merealisasikan metode kontrol torsi, Field Oriented Control (FOC) digunakan dalam makalah ini. Untuk memvalidasi keefektifan metode yang diusulkan, simulasi dan implementasi telah dilakukan dengan menggunakan model perangkat keras Motor Control Kit pabrikan Texas Instrument yang terdiri dari: mikrokontroller Launchpad F28069M, driver motor Boostxl 8305-evm, dan dual-motor Teknic 2310P (PMSM) yang terkoneksi dengan Simulink Matlab. Hasil eksperimen telah dikonfirmasi bahwa teknik LQI dapat menawarkan kinerja energi sinyal kendali yang lebih minimum serta telah memenuhi spesifikasi respon yang disyaratkan.