digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era globalisasi ini, persaingan antar industri bisnis menjadi lebih kompetitif. Seiring waktu, jumlah bisnis global terus meningkat, termasuk di Indonesia. Perusahaan saat ini tidak hanya berkompetisi dengan perusahaan lokal, tetapi mereka harus bersaing dengan perusahaan asing. Di Indonesia, jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) terus meningkat, untuk bersaing di era globalisasi ini, mereka harus menciptakan inovasi produk, membangun hubungan pelanggan yang kuat, dan membangun kemitraan yang kuat. Salah satu masalah utama yang dihadapi banyak UKM adalah pemasaran. Karena jumlah modal yang rendah, UKM tidak dapat melakukan aktivitas pemasaran secara maksimal. Dalam aktivitas pemasaran dan penjualan, harus ada beberapa peran yang menambah nilai. Melakukan pemasaran dan promosi dengan cara kreatif adalah salah satu metode untuk menambah nilai kepada pelanggan. UKM harus menemukan strategi yang inovatif dan efektif untuk melakukan strategi pemasaran. Strategi bundling adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan karena bundling dapat meningkatkan pendapatan tanpa menghabiskan lebih banyak sumber daya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh strategi bundling terhadap keputusan pembelian pada UKM makanan dan minuman di Kota Bandung. Berdasarkan hasil, peneliti akan merancang strategi strategi bundling untuk meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini akan dilakukan di Bandung dengan total 100 responden terbatas pada mahasiswa usia 15 - 24 tahun. Responden diminta untuk menyelesaikan skala likert empat poin dan skala urutan peringkat. Strategi bundling didefinisikan sebagai variabel independen dan keputusan pembelian didefinisikan sebagai variabel dependen dalam penelitian ini. Regresi linear sederhana dan analisis peringkat digunakan untuk melihat pengaruh antara strategi bundling dan keputusan pembelian, dan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi strategi bundling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bundling memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan harga merupakan faktor yang paling mempengaruhi strategi bundling. Ketika merancang strategi, harga, jenis produk, preferensi pelanggan, integrasi antar produk, dan diferensiasi harus dipertimbangkan.