digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project_Qonit Filza Azkia_19215007.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Dalam sepuluh tahun terakhir, buat-sesuai-pesanan dan manufaktur yang efisien menjadi revolusioner sehingga berbagai industi semakin banyak menggunakannya. Terlebih, semakin banyak konsumen yang tertarik untuk mengekspreskan individualitas mereka, salah satunya dengan kustomisasi. Dengan menggunakan sistem produksi buat-sesuai-pesanan, perusahaan dapat memberikan produk kustomisasi yang lebih efektif. Namun, produksi yang dilakukan setelah pesanan diterima dapat menyebabkan produk lebih lama diterima konsumen. Hal ini cukup bertentangan dengan keadaan saat ini yang mana banyak orang mengharapkan solusi dengan segera ketika mereka membutuhkannya. Dikarenakan penulis penelitian ini sedang mempertimbangkan peluang baru di bisnis sepatu kulit dengan sistem produksi buat-sesuai-pesanan, memahami wawasan konsumen pada faktor yang dipertimbangkan dalam pembelian merupakan hal yang penting untuk memberikan rekomendasi bisnis yang sesuai. Untuk mengeksplorasi tujuan penelitian, riset Analisis Konten dilakukan. Objek penelitian adalah We are Different pada Kaskus yang diambil dengan metode pengerukan web secara otomatis menggunakan ParseHub. Kategori analitik yang digunakan dalam proses pengkodean berdasarkan pada teori Perilaku Konsumen, Stimulus Pemasaran, dan Dimensi Kualitas pada produk dan servis. Berdasarkan hasil, faktor yang paling dipertibangakan dalam setiap dimensi kategori analitik yang mempengaruhi pembelian konsumen yang muncul adalah produk, estetika, kepribadian dan konsep diri, kompetensi, persepsi, dan kelompok acuan. Sedangkan rekomendasi bisnisnya adalah meneyediakan pilihan yang luas dalam kustomisasi, riset dan pengembangan bentuk cetakan sepatu, berinvestasi dalam keterampilan dan peralatan mengenai konstruksi Goodyear Welted dan Hand Welted, mengembangkan pengaruh dari mulut, pemasaran desas-desus, pengembangan merek, foto professional, dan mengembangkan kepribadian merek dengan kegiatan pemasaran yang sesuai dengan kepribadian dan pola hidup sasaran pasar.