digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri real estat Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, sehingga menarik investor untuk mencari peluang- peluang menarik. Tujuan dari penelitian yang berfokus pada investasi real estat pasca gejolak pasar ini adalah untuk meningkatkan tingkat keberhasilan investasi real estat di Indonesia dengan menganalisis hubungan antara kondisi makroekonomi dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan panduan berharga bagi investor pemula dan berpengalaman dalam menavigasi pasar real estat Indonesia setelah terjadinya gangguan pasar dengan menganalisis dampak guncangan pasar terhadap keputusan investasi dan menilai bagaimana indikator makroekonomi mempengaruhi sentimen konsumen dan pola pembelian. Penelitian ini menggunakan model vector autoregression (VAR) untuk mengetahui pengaruh variabel makroekonomi terhadap indeks harga rumah (HPI) Indonesia. Studi ini mencoba mengungkap faktor-faktor penentu utama yang mempengaruhi HPI dengan melihat berbagai data makroekonomi seperti pertumbuhan PDB, indeks harga konsumen (CPI), harga minyak mentah, suku bunga, dan tingkat pengangguran. Koefisien korelasi juga dihitung dalam penelitian untuk menganalisis korelasi antara faktor-faktor tersebut. Penelitian ini menyelidiki pentingnya perilaku pelanggan dalam konteks pencarian real estate di Indonesia. Meneliti preferensi pelanggan, insentif, dan proses pengambilan keputusan sangat penting bagi pengembang real estat dan investor yang tertarik mempelajari bagaimana aspek-aspek ini mendorong dinamika permintaan. Untuk mencapai tujuan penelitian maka dilakukan pemeriksaan data historis secara menyeluruh dan menggunakan pendekatan pemodelan ekonometrik. Studi ini mencakup variabel makroekonomi utama, data pasar real estat, dan temuan survei konsumen. Temuan penelitian ini mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang interaksi antara faktor makroekonomi, perilaku konsumen, dan kinerja industri real estat Indonesia secara keseluruhan. Pemahaman ini memberikan pengetahuan yang dibutuhkan investor, legislator, dan pemangku kepentingan industri untuk membuat keputusan yang tepat mengenai rencana investasi real estat, strategi penetapan harga, dan posisi pasar. Studi ini mengamati data makroekonomi dan perilaku konsumen di pasar real estat Indonesia, menyoroti faktor-faktor utama yang mempengaruhi harga properti dan memberikan wawasan berharga bagi investor yang ingin memaksimalkan keuntungannya dengan memahami preferensi dan tindakan calon pembeli properti di Indonesia. Penelitian ini menawarkan wawasan praktis untuk meningkatkan profitabilitas investasi properti di Indonesia dengan menjembatani kesenjangan antara kondisi makroekonomi dan perilaku konsumen, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan dan stabilitas pasar real estat di negara ini.