digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project - Julia Siska - 19215003.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Dessert sudah menjadi tren bagi penikmat kuliner di tahun 2017. Keberhasilan tren dessert karena tingginya pengguna media sosial Instagram. Media sosial Instagram adalah tempat pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten sendiri. Banyak bisnis menggunakan media sosial ini sebagai alat untuk mempromosikan produk mereka dan membuat pelanggan sadar dengan merek mereka. Di sisi lain, tidak semua bisnis itu sukses memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efek media sosial instagram untuk meningkatkan kesadaran merek pada industri makanan penutup. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian ini yang menjelaskan hubungan antara variabel x dan variabel y. Sebanyak 304 data responden telah dikumpulkan dan dianalisis menggunakan Regresi Multi-linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel independen (komunitas online, interaksi, berbagi konten, aksesibilitas, kredibilitas, dan kepercayaan) terhadap variabel dependen (kesadaran merek). Studi ini penting bagi pemilik bisnis karena dapat membantu meningkatkan kesadaran merek di pelanggan. Pemilik bisnis juga dapat melakukan perbaikan dan memperkuat saluran pemasaran berdasarkan variabel yang dipilih agar lebih kompetitif.