ABSTRAK Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 1 Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 2 Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 3 Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 4 Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 5 Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 6 Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
PUSTAKA Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
LAMPIRAN Maya Agustin Pratiwi
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Suroboyo Bus sebagai angkutan umum massal berbasis jalan pertama di Kota
Surabaya diharapkan dapat memberikan pelayanan transportasi yang dapat
diandalkan, cepat, nyaman, terjangkau, dan berokupansi lebih besar. Suroboyo
Bus trayek Terminal Purabaya-Rajawali menjadi trayek krusial karena berada
pada koridor Utara-Selatan Kota Surabaya sebagai koridor utama pergerakan kota
dengan banyaknya pusat kegiatan yang tersebar pada wilayah tersebut.
Aksesibilitas menjadi tujuan utama dari hadirnya suatu sistem transportasi yaitu
kemudahan perjalanan menuju berbagai pusat kegiatan yang tersebar pada guna
lahan perkotaan yang diakomodasi oleh suatu layanan transportasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menentukan sebaran halte dan perhentian bus yang optimal dalam
meningkatkan aksesibilitas jaringan BRT Suroboyo Bus trayek Terminal
Purabaya-Rajawali pada koridor Utara-Selatan Kota Surabaya. Penelitian ini
bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, SNAMUTS, dan Set
Covering Problem dalam menganalsis tiga sasaan studi yaitu identifikasi
pelayanan Suroboyo Bus, mengukur aksesibilitas Suroboyo Bus dalam
menghubungkan koridor Utara-Selatan Kota Surabaya, dan menentukan sebaran
halte Suroboyo Bus yang optimal di sepanjang trayek. Hasil studi menunjukkan
terdapat beberapa indikator pelayanan yang tidak memenuhi standar yaitu ratarata waktu perjalanan dan waktu tunggu serta waktu headway yang tidak
konsisten. Cakupan pelayanan dari sebaran halte/perhentian Suroboyo Bus kurang
maksimal karena adanya area yang tidak terlayani halte/perhentian Suroboyo Bus.
Secara keseluruhan, halte/perhentian Suroboyo Bus dengan aksesibilitas paling
tinggi adalah Terminal Intermoda Joyoboyo dan halte dengan aksesibilitas paling
rendah adalah halte Darmo.
Sebaran halte dan perhentian Suroboyo Bus eksisting belum optimal karena tidak
dapat memenuhi semua titik permintaan yang ada. Didapatkan 54 lokasi yang
terpilih sebagai lokasi halte/perhentian bus yang optimal. Tanpa
mempertimbangkan Terminal Purabaya, hanya 26 lokasi halte/perhentian
Suroboyo Bus eksisting yang terpilih sebagai lokasi yang optimal sedangkan 19
halte/perhentian bus lainnya mengalami pergesaran dengan adanya tambahan 10
lokasi halte/perhentian bus. Hasil optimasi sebaran halte dan perhentian Suroboyo
Bus memberikan cakupan pelayanan yang lebih besar sehingga semakin banyak
potensi permintaan perjalanan menuju berbagai pusat kegiatan pada koridor
Utara-Selatan Kota Surabaya yang dapat dilayani oleh Suroboyo Bus trayek
Terminal Purabaya-Rajawali. Hasil studi dapat memberikan pertimbangan
mengenai upaya peningkatan aksesibilitas Suroboyo Bus yang dapat dilakukan
melalui peningkatan aspek pelayanan yang ada. Selain itu, penentuan sebaran
halte/perhentian Suroboyo Bus yang optimal pada penelitian ini juga dapat
menjadi dasar pertimbangan dalam menyediakan sarana transit yang
memperhatikan kedekatan terhadap lokasi dengan potensi bangkitan yang tinggi
serta integrasi dengan angkutan umum lainny