digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Belakangan ini, perkembangan teknologi dan informasi tumbuh dengan begitu cepat. Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat ini telah menyebabkan arus informasi dapat diakses dan disebarkan dengan begitu mudah dan cepat menggunakan teknologi internet. Keberadaan teknologi baru berbasis internet ini telah menyediakan peluang dalam mengembangkan cara dan metode baru di bidang pemasaran (Montgomery, 2001; Shukla, 2010; Stephansen, 2009). Salah satu metode baru atau teknik modern dalam memasarkan sebuah produk dan jasa dengan menggunakan teknologi yang interaktif adalah viral marketing (Zernigah & Sohail, 2012). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat menerapkan dan mengembangkan strategi viral marketing menggunakan media sosial untuk memperoleh customer dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya dengan cara yang efektif sehingga mereka dapat menjadi unggul dalam menghadapi persaingan pasar. Baru-baru ini, viral marketing dapat digunakan untuk menarik keinginan calon pelanggan dalam membeli suatu produk. Tujuan dari penelitian ini berfokus untuk melakukan analisis mengenai bagaimana pengaruh sosial media viral marketing terhadap minat beli calon pelanggan untuk membeli sebuah produk makanan ringan UMKM di Bandung. Berdasarkan dari hasil analisis tersebut, peneliti akan mendesain sebuah model sosial media viral marketing untuk menarik minat beli calon pelanggan. Penelitian ini akan dilaksanakan di Bandung. Sample yang digunakan melibatkan 100 responden meliputi anak muda dengan batasan umur 15-24 tahun yang berdomisili di Bandung. Responden diseleksi menggunakan judgment sampling dan responden akan mengisi pernyataan dari kuesioner tertutup yang diajukan berdasarkan poin skala likert 1-5. Dalam penelitiaan ini, variabel viral marketing berdiri sebagai variabel independen sementara variabel minat beli berdiri sebagai variabel dependen. Metode simple linear regression akan digunakan untuk melakukan analisis pengaruh sosial media viral marketing terhadap minat beli calon pelanggan. Dari analisis tersebut, penulis mendapatkan hasil bahwa viral marketing memberikan pengaruh positif terhadap minat beli calon pelanggan. Dalam mengimplementasikan strategi viral marketing maka UMKM disarankan untuk mendesain iklannya dengan memasukkan materi yang mengandung unsur informasi bermanfaat, cerita inspiratif yang dapat memotivasi dan cerita menghibur. Selain itu, UMKM juga disarankan untuk menggunakan sosial media sebagai media utama dalam melaksanakan strategi viral marketing dan menambahkan program give away untuk membuat calon pelanggan lebih tertarik dalam menyebarkan iklan viral marketing. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi para manajer pemasaran, pemilik bisnis dan terutama kepada berbagai pihak yang memiliki kertekaitan erat dan keterlibatan dalam dunia UMKM yang bergerak di bidang makanan ringan untuk mengetahui bagaimana pengaruh viral marketing dan pentingnya menggunakan viral marketing dalam rangka menarik minat beli calon pelanggan. Peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pemahaman UMKM dalam mendesain strategi viral marketing dalam rangka menarik minat beli calon pelanggan.