Final Project - 19214029 - Aurelia Jessie Melody.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos
Sejak era pra-1965, gerakan feminis membuat perubahan signifikan melalui bertumbuhnya wirausahawan wanita yang tersebar di semua negara. Di Indonesia, pada tahun 2013 saja sebanyak 43% dari total UKM formal dimiliki oleh perempuan. UKM milik wanita telah menyumbang sekitar 9,1% PDB negara, dan 20 sampai 30 juta perempuan diklasifikasikan tergolong mampu menumbuhkan bisnis mereka. Sejalan dengan pertumbuhan wirausahawan wanita, industri alas kaki menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan bagi wirausahawan wanita untuk memulai usaha mereka. Dari buku Kementerian Perdagangan, produksi industri alas kaki dalam satu tahun telah bernilai 2,5 miliar dolar AS dan sudah mempekerjakan sekitar 440 ribu orang. Meskipun wirausahawan wanita menjanjikan pertumbuhan ekonomi, di negara berkembang seperti Indonesia untuk data distribus populasinya sendiri masih terbatas. Selain itu, masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk industri tertentu seperti industri alas kaki. Makadari itu, penelitian empiris ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara faktor kunci keberhasilan pengusaha wanita Indonesia terhadap kinerja bisnis mereka di bidang alas kaki. Kami secara khusus meneliti 51 pengusaha wanita yang memiliki bisnis di industri alas kaki UKM di Indonesia dengan domisili di wilayah Jawa dengan metode snowball sampling. Penelitian pendahuluan dilakukan dengan uji coba terhadap 30 responden dilanjutkan dengan survei kuesioner terhadap target wirausahawan wanita untuk mengetahui faktor - faktor kunci keberhasilan yang paling berpengaruh dan menunjukkan pengaruhnya korelasi dengan kinerja bisnis melalui analisis regresi linier berganda. Isi kuesioner terdiri atas daftar indikator dari variabel independen yaitu keseimbangan hidup, kemampuan kewirausahaan, dan kemampuan manajerial sebagai faktor kunci keberhasilan dan kinerja bisnis berdasarkan studi sebelumnya yang dikompilasi yang diukur dengan skala Likert 4 poin, dimana memungkinkan pengusaha perempuan untuk menentukan faktor keberhasilan mereka serta pengukuran kinerja bisnis melalui hasil kepemimpinan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor kunci keberhasilan berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha wirausahawan wanita sebesar 49.1% dengan persamaan signifikan secara statistik F(3,47)= 13.338, p<0.0005. Sebagian besar faktor kunci keberhasilan yang mempengaruhi hanya Kemampuan Manajerial dengan p-value 0,003<0,05 yang menyebabkan peningkatan kinerja bisnis mereka. Jadi sangat penting untuk mengembangkan kemampuan manajerial wirausahawan wanita khususnya di bidang alas kaki untuk bisnis jangka panjang dan berkelanjutan.