ABSTRAK Firman Kusumah Wardhana
PUBLIC Taupik Abidin Final Project_Firman Kusumah W_19218050.pdf
PUBLIC 
Meningkatnya minat berwirausaha di berbagai kalangan dan usia merupakan fenomena yang
mempengaruhi kontribusi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Mengacu pada bisnis Chixar
yang fokus pada unggas probiotik. Keseluruhan tujuan penelitian ini mengacu pada kasus nyata
dalam bisnis Chixar yang mengangkat bahwa ketidakstabilan motivasi dalam berbisnis
merupakan aspek yang turut menjadi perhatian anggota bisnis internal, mengingat kondisi
bisnis yang sempat mengalami pivoting serta adanya keharusan untuk mengejar target
penjualan sebelumnya yang cukup tinggi pada bisnis yang baru melakukan pivoting, bisnis
internal memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan performa bisnis namun perlu didukung
dengan menganalisis ciri kepribadian dan faktor motivasi kepada anggota bisnis Chixar sebagai
landasan utama. Beterkaitan aspek bisnis kecil penerapan manajemen sumber daya manusia
tidak diimplementasikan dengan semestinya mengingat bisnis kecil yang beranggotakan
karyawan yang lebih sedikit sehingga tidak menjadi perhatian utama untuk diperhatikan dalam
internal bisnis, melainkan bisnis kecil sering kali terfokus pada orientasi aspek penjualan dan
operasional bisnisnya saja. Maka dari itu penulis fokus pada penelitian dalam penerapan
manajemen sumber daya manusia dalam bisnis kecil yang meliputi aspek kepribadian dan
faktor yang memotivasi untuk berbisnis. Sifat kepribadian merupakan aspek yang dimiliki
setiap individu serta mempengaruhi perilaku individu yang didasarkan oleh keinginan pribadi
terhadap suatu ketercapaian atau tujuan yang diharapkan, kepribadian merupakan aspek dan
variabel mutlak dan stabil yang dimiliki individu yang dikaitkan dengan perilaku kerja,
motivasi dan orientasi tujuan. Penulis menggunakan framework Big Five Personality Traits
guna mengetahui dan menganalisis jenis kepribadian dan faktor-faktor yang dimiliki terhadap
anggota bisnis Chixar. Teori Self Determination sebagai kerangka dasar faktor motivasi terbagi
menjadi dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, kedua faktor motivasi tersebut
dianalisis secara mendalam pada beberapa sub variabel. Secara keseluruhan, proses analisis
data dilakukan dengan metode kualitatif dengan tahapan pengolahan data yang meliputi
penilaian individu, wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus. Hasil analisis data
menunjukan bahwa adanya perbedaan ciri-ciri kepribadian yang dimiliki anggota bisnis Chixar
dan adanya perbedaan faktor motivasi ekstrinsik meskipun adanya kesamaan yang membentuk
motivasi intrinsik. Hasil ciri kepribadian yang paling kuat dan paling implementatif adalah ciri
kepribadian Openness, faktor motivasi intrinsik terkuat adalah faktor Keterkaitan dan faktor
motivasi ekstrinsik terkuat adalah Regulasi Terpadu. Berkaitan dengan temuan tersebut,
penulis mencoba merekomendasikan solusi bahwa perlu menerapkan sistem manajemen
kinerja sebagai basis implementasi utama untuk usaha kecil yang meliputi penetapan tujuan
pengembangan, komunikasi yang efektif, memotivasi karyawan, mendokumentasikan kinerja,
umpan balik, mendiagnosis masalah kinerja dan mengembangkan para karyawan.
Kata Kunci : usaha ayam probiotik, lima besar sifat kepribadian, faktor motivasi usaha,
motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, kinerja usaha.