digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di zaman modern saat ini, perkembangan dari pengguna internet dan smartphone, juga maraknya e-commerce di Indonesia, mengakibatkan munculnya cara baru berbelanja produk fashion, yaitu belanja online. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah situasi ini telah mengubah kecenderungan konsumen dalam memilih media berbelanja, dari belanja offline menjadi belanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi anak muda dalam memilih media berbelanja produk fashion, serta mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi mereka dalam memilih suatu toko, baik toko online maupun offline. Penelitian ini mengkaji jurnal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih belanja online atau belanja offline, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam memilih toko online, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam memilih toko offline. Survey dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar secara online dengan mayoritas di lingkungan mahasiswa serta wawancara sebagai data pendukung. Diperoleh 238 responden yang tinggal di beberapa kota di Indonesia, berusia 16-24 tahun, dan memiliki pengalaman belanja online maupun belanja offline produk fashion. Analisis deskriptif dan analisis faktor yang diolah menggunakan SPSS versi 22 untuk OS Windows digunakan dalam penelitian ini untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam memilih media berbelanja. Hasil menunjukkan bahwa belanja offline masih menjadi pilihan anak muda dalam berbelanja produk fashion. Selain itu, dalam memilih toko offline, faktor yang paling mempengaruhi pelanggan adalah aspek produk, interaksi personal, lalu aspek fisik. Sedangkan dalam memilih toko online, faktor yang paling mempengaruhi pelanggan adalah navigasi dan kenyamanan, kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, visualisasi, brand/toko yang terpercaya, lalu produk yang dijual.