digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project - SEASHA.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos

Potensi industri kreatif merupakan prioritas penting bagi pemerintah Indonesia akhir – akhir ini. Berdasarkan sudut pandang pemerintah, kreatif industri merupakan sektor potensial yang bukan hanya menarik dari segi pendapatan yang didapat, melainkan juga turut berperan untuk mendukung generasi muda dalam berbisnis. Dari 14 industri kreatif di Indonesia, fashion menempati posisi kedua pertumbuhan tertinggi dengan 7.12% laju pertumbuhan ekspor. Berdasarkan fakta ini, WIPS by RCKWE, perusahaan fashion lokal dengan produk sepatu wanita mempunyai peluang bagus untuk terlibat dalam industri ini. WIPS by RCKWE berdiri sejak Mei 2015 di Bandung, Indonesia. Bagaimanapun juga, WIPS masih memiliki kesadaran merek rendah yang menyebabkan penjualan kurang memuaskan. Terlebih lagi, banyaknya pesaing dalam industri ini membuat bisnis ini dalam posisi yang kurang menguntungkan; seiring kondisi pasar yang semakin ramai, prospek untuk meningkatkan kuntungan dan pertumbuhan berkurang. WIPS by RCKWE sedang menghadapi persaingan yang ketat dalam pasar. Untuk merebut market share yang signifikan, pemilik WIPS by RCKWE harus memahami cara untuk membangun sebuah identitas merek yang kuat dan memformulasikan strategi intensif untuk tumbuh. Berdasarkan isu tersebut, penulis perlu mengeksplorasi aspek internal dan external bisnis untuk menciptakan identitas merek dari WIPS by RCKWE. Eksplorasi aspek internal dilakukan dengan menggunakan Analisis Desain Proposisi Nilai, Analisis Model Bisnis, dan Analisis Rantai Nilai. Eksplorasi aspek eksternal dilakukan dengan menggunakan Analisis Kompetitor dan Analisis Porter Five’s Forces. Hasil eksplorasi bisnis dihasilkan untuk menciptakan identitas merek menggunakan Kapferer Brand Identity Prism. Setelah membangun identitas merek, penulis melakukan pengamatan citra merek untuk mengetahui celah antara identitas merek yang dibangun oleh perusahaan dan citra merek yang dirasakan oleh pelanggan. Strategi formulasi dihasilkan setelah melibatkan semua aspek dalam pertimbangan; strategi formulasi ini akan dipaparkan dalam bentuk Strategi TOWS dan Marketing Mix .