digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

19214023 - Mentari Nur Utari.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Judul penelitian ini adalah keputusan calon konsumen dalam pembelian produk cemilan baru yang sehat (studi kasus Mushroom Oat Cookies) dan bagaimana faktor-faktor ini digunakan dalam proses pengambilan keputusan. MOKIES (Mushroom Oat Cookies) adalah snack sehat, bergizi, praktis, unik, dan tahan lama yang dibuat dari 2 bahan utama, Oat dan Jamur Segar dengan rasio 50:50. Perusahaan ini, hanya menggunakan bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah pemilik perusahaan dan membuat informasi yang berguna untuk pemasaran dalam upaya merumuskan keputusan calon konsumen dalam pembelian produk cemilan baru yang sehat (studi kasus Mushroom Oat Cookies) agar lebih efektif dan efisien. Jika sudah tahu apa faktor keputusan calon konsumen membeli Mokies, maka bisa ditangani sebagai legal karena membutuhkan uang, waktu, dan energi itupun harus memperbarui semua legalitas lagi untuk masa depan. Keuntungan pesaing Himawari Food Company adalah mereka yang sudah memiliki modal cukup dan bisa berproduksi dalam jumlah banyak sehingga biaya produksi dapat ditekan dan memberikan harga jual yang cukup murah. Selain itu, produk mereka sebagian besar memiliki legalitas sehingga bisa meluas dan dijual ke toko besar. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan dilakukan pada semua responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi Mushroom Oat Cookies di kota besar Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Analisis faktor digunakan untuk membantu studi dalam pengolahan data kuesioner online dengan menggunakan SPSS dan fokus pada CFA (Confirmatory Factor Analysis). Berdasarkan hasil analisis faktor, terdapat 7 faktor yang mempengaruhi niat pelanggan terhadap produk cemilan baru yang sehat (studi kasus Mushroom Oat Cookies), yaitu Melihat Nilai Produk, Promosi dan Branding, Harga dan Komunikasi dari mulut ke mulut, Kemasan, Keunikan, Daya Tahan, dan Gaya Hidup Sehat.Dari faktor-faktor tersebut, ditemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi niat pelanggan dalam membeli produk baru yang sehat (Cookie Oat Jamur) adalah Melihat Nilai Produkdengan menggunakan analisis logistik biner regresi.