digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sekarang ini permasalahan lingkungan menjadi hal utama di dunia. Orang-orang harus menjaga lingkungan dari segala sesuatu yang dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Satu dari beberapa caranya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi produk hijau. Saat ini beberapa wirausaha mencoba untuk mengembangkan produk hijau untuk mendapatkan implikasi yang lebih berguna untuk lingkungan tetapi, hal yang terpenting adalah wirausaha harus mengetahui dengan pasti bahwa konsumen dari produk hijau mengetahui tujuan dan arti dari produk hijau. Riset ini memiliki tiga tujuan yang akan dilakukan. Pertama, riset ini akan menginvestigasi keasadaran konsumen dan pelaku produk hijau terhadap produk hijau. Kedua, riset ini akan menginvestigasi persepsi dari konsumen dan pengguna produk hijau terhadap produk hijau. Ketiga, riset ini akan menganalisa cara untuk menyatukan interpretasi dari masyarakat untuk menanggulangi masalah lingkungan melalui produk hijau. Peneliti melakukan pendekatan kualitatif untuk menyelesaikan masalah. Riset ini menggunakan metode studi kasus untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dari konsumen produk dan pengguna produk hijau. Hasil menunjukan bahwa konsumen dan pengguna produk hijau sadar akan produk hijau tetapi mereka memiliki persepsi yang berbeda mengenai produk hijau. Hasil dari penelitian ini akan berguna untuk wirausaha untuk mengembangkan strategi marketing dan mengedukasi konsumen mengenai produk hijau. Kemudian, riset ini berguna bagi pemerintah untuk mengembangkan program untuk mendukung wirausaha dalam menciptakan inovasi dari produk hijau dan menciptakan kampanye produk hijau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan menyatukan persepsi masyarakat terhadap produk hijau. Riset selanjutnya dapat mengembangkan riset ini dengan mewawancarai lebih banyak kategori konsumen dan pelaku dari produk hijau.