digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era digital ini, banyak jenis produk termasuk kebutuhan perjalanan untuk industri pariwisata hampir selalu dapat dibeli secara online. Tren evolusi utama dalam platform pemesanan online telah dihasilkan oleh perubahan preferensi konsumen dan kemajuan teknologi. Keputusan untuk membeli produk perjalanan online dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan kode promosi yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mendapatkan diskon harga ketika mereka memesan dengan kode yang diberikan. Namun, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat pelanggan untuk menggunakan kode promosi di platform pemesanan perjalanan online. Penelitian ini menggunakan Kesederhanaan Penggunaan yang Diperhatikan, Kontrol Perilaku yang Dirasakan, Pengaruh Sosial, Kenikmatan Perilaku yang Dirasakan dan Kepuasan Pelanggan untuk mengukur Intensi Pelanggan untuk Menggunakan. Untuk mengukurnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan survei online dengan total 210 responden dan data dianalisis menggunakan PLS-SEM. Temuan ini menunjukkan bahwa Kesederhanaan Penggunaan yang Diperhatikan, Kenikmatan Perilaku yang Diperhatikan dan Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh positif yang signifikan pada Intensi untuk Penggunaan Kembali. Namun, Kontrol Perilaku yang Dirasakan dan Pengaruh Sosial tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Temuan ini berkontribusi pada bagaimana pemasar mengembangkan strategi yang lebih sukses untuk menggunakan kode promosi dan mungkin melibatkan saran untuk bingkai pesan, segmentasi, dan personalisasi untuk menarik konsumen.