ABSTRAK Johanes Patrik
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - JOHANES PATRIK
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Metro kapsul, sebagai transportasi publik, seharusnya memberikan perlindungan terhadap penumpang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu PM Perhubungan 175 tahun 2015 dan SNI 8826:2019. Pada PM Perhubungan 175 tahun 2015 dijelaskan bahwa metro kapsul membutuhkan peralatan keselamatan pasif dan Pada SNI 8826:2019 dijelaskan bahwa anticlimber merupakan salah satu peralatan keselamatan pasif untuk mengurangi risiko overriding saat tabrakan terjadi.
Perancangan anticlimber dilakukan dalam penelitian ini. Proses perancangan diawali dengan penyusunan persyaratan perancangan yang mengacu pada SNI 8826:2019 sebagai referensi utama dan dilanjutkan dengan penyusunan alternatif anticlimber. Satu alternatif dipilih dengan trade off study. Kemudian simulasi tabrakan dilakukan sesuai dengan SNI 8826:2019. Simulasi juga dilakukan untuk meninjau fungsi anticlimber untuk mengurangi perpindahan vertikal yang terjadi saat terjadi tabrakan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa rancangan anticlimber dapat mengurangi kemungkinan terjadinya overriding. Perpindahan vertikal roda metro kapsul berkurang ketika anticlimber dipasang.
Rancangan anticlimber dengan bentuk c-channel untuk sistem keselamatan pasif metro kapsul telah dirancang sesuai dengan SNI 8826:2019. Dari hasil simulasi, kenaikan roda metro kapsul yang terjadi saat tabrakan memenuhi standar yang tersebut.