ABSTRAK Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR Hilal Fahri Husen
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
2024 TA PP HILAL FAHRI HUSEN 1- LAMPIRAN.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Wesel merupakan salah satu prasarana penting pada sistem perkeretaapian. Wesel memiliki fungsi untuk proses perpindahan jalur rel kereta api. Hal ini membuat wesel menjadi salah satu komponen utama penunjang peforma operasi kereta api. Pada metro kapsul, komponen perpindahan jalur akan berbeda dengan wesel karena perbedaan proses steering antara metro kapsul dengan kereta api pada umumnya.
Pada tugas akhir ini, dilakukan perancangan mekanisme perpindahan jalur pada metro kapsul atau switching track mechanism. Penilitian ini mencakup pemilihan komponen-komponen utama pendukung kinerja mekanisme perpindahan jalur. Terdapat standar yang dijadikan acuan, salah satunya adalah Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 tentang persyaratan teknis jalur kereta api dan pemilihan komponen prasarana perpindahan jalur lain yang akan mengacu pada katalog produk tertentu.
Dari proses perancangan ini, diperoleh sudut belokan 23 derajat pada guide track menghasilkan luas platform perpindahan jalur terkecil, jumlah tumpuan yang sesuai untuk kondisi operasi prasarana perpindahan jalur adalah 3 tumpuan, komponen linear bearing yang sesuai sesuai dengan kondisi operasi adalah tipe SR 55 W, komponen ball plunger yang sesuai sesuai dengan kondisi operasi adalah GN 615-M24-KS, komponen chain sprocket yang sesuai dengan kondisi operasi prasarana perpindahan jalur adalah DID Chain 80 atau setara ANSI 80, komponen motor yang sesuai sesuai dengan kondisi operasi adalah geared motor tipe HA63 80B dengan foot mounting, dan komponen bearing yang sesuai sesuai dengan kondisi operasi adalah UCP 210 disertai pillow block.