digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Juan Louis Rombetasik [13519075].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Virtual reality (VR) telah menunjukkan potensi yang menarik dalam merevolusi paradigma pembelajaran dengan memberikan pengalaman interaktif dan imersif. Terdapat banyak solusi dalam pembelajaran dan rapat di VR namun hal itu disediakan oleh pihak ketiga berbayar dan hampir semua tidak menyediakan kode sumber terbuka. Selain solusi dan produk yang sudah tidak menyediakan tempat untuk evaluasi tinjau balik pembelajaran seperti kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan aplikasi ruang kelas virtual berbasis VR yang dikembangkan dengan Unity dan self hosted, sekaligus menyediakan kuis untuk evaluasi pembelajaran. Pengguna dapat mengalami ruang kelas yang dirancang dengan cermat, lengkap dengan elemen-elemen seperti meja, dan papan tulis melalui perangkat VR. Penelitian ini memfokuskan pada pengembangan ruang kelas VR dan implementasi fitur real- time multiplayer, komunikasi suara, papan tulis, dan integrasi sistem kuis memungkinkan pengajar untuk menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan materi pelajaran dan memberikan umpan balik instan kepada para pengguna. Dengan menggabungkan semua elemen ini, diharapkan bahwa pengembangan aplikasi ruang kelas VR ini memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif, kolaboratif, dan efektif dalam lingkungan VR.