Juan Louis Rombetasik [13519075].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Virtual reality (VR) telah menunjukkan potensi yang menarik dalam merevolusi paradigma
pembelajaran dengan memberikan pengalaman interaktif dan imersif. Terdapat banyak solusi
dalam pembelajaran dan rapat di VR namun hal itu disediakan oleh pihak ketiga berbayar dan
hampir semua tidak menyediakan kode sumber terbuka. Selain solusi dan produk yang sudah
tidak menyediakan tempat untuk evaluasi tinjau balik pembelajaran seperti kuis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengusulkan aplikasi ruang kelas virtual berbasis VR yang dikembangkan
dengan Unity dan self hosted, sekaligus menyediakan kuis untuk evaluasi pembelajaran.
Pengguna dapat mengalami ruang kelas yang dirancang dengan cermat, lengkap dengan
elemen-elemen seperti meja, dan papan tulis melalui perangkat VR.
Penelitian ini memfokuskan pada pengembangan ruang kelas VR dan implementasi fitur real-
time multiplayer, komunikasi suara, papan tulis, dan integrasi sistem kuis memungkinkan
pengajar untuk menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan materi pelajaran dan
memberikan umpan balik instan kepada para pengguna. Dengan menggabungkan semua
elemen ini, diharapkan bahwa pengembangan aplikasi ruang kelas VR ini memberikan
pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif, kolaboratif, dan efektif dalam lingkungan VR.