digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Nabil Nabighah [13519168].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Aplikasi pet care telah banyak beredar di Play Store maupun App Store akan tetapi masih banyak aplikasi pet care yang tidak memenuhi usability dari aplikasi. Pada aplikasi yang telah ada terdapat aspek dari usability yang belum terpenuhi. Menurut studi, salah satu aplikasi pet care yaitu aplikasi 11pets masih memiliki permasalahan usability yaitu desain yang kurang intuitif. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuat prototipe desain interaksi aplikasi pet care dengan pendekatan user- centered design. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan masalah desain interaksi lebih detail, perilaku pengguna, serta masalah pengguna. Kemudian diturunkan hal-hal tersebut menjadi kebutuhan fungsional aplikasi. Untuk mengukur ketercapaian usability aplikasi ditentukan indikator yaitu usability goals dan user experience goals. Ditentukan usability goals dari aplikasi yaitu effective to use, dan easy to learn sementara user experience goals yaitu helpful. Untuk mengukur ketercapaian usability aplikasi secara umum, usability goals dan experience goals digunakan metrik seperti System Usability Scale (SUS), Single Easy Question (SEQ), Task Completion Rate, dan Intrinsic Motivation Inventory (IMI). Dilakukan dua iterasi dan pada iterasi akhir diperoleh skor SUS adalah 83,45, skor SEQ seluruh tugas yang diuji berada di atas 5,5 skala 7, skor Task Completion Rate seluruhnya berada di atas nilai 5,5 skala 7 atau di atas 78%, dan skor IMI adalah 5,9 sub skala value/usefulness. Berdasarkan hasil metrik-metrik tersebut, desain aplikasi yang buat telah mencapai seluruh usability goals dan user experience goals desain aplikasi tersebut dan dapat dikatakan rancangan desain aplikasi menyelesaikan masalah mengenai desain yang kurang intuitif.