digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Lutfi Aufa Ramadani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang sering digunakan manusia dan memiliki jet engine untuk menggerakkannya di udara. Jet engine seringkali mengalami kegagalan yang terjadi pada bilah turbin. Kondisi pada bagian high-pressure turbine (HPT) memiliki tekanan dan temperatur paling kritis sehingga berpotensi mengalami kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lapisan coating, cooling system, dan material yang digunakan pada bilah turbin HPT stage 1 dari engine CFM56-7B dan CFM56-5C. Metode yang digunakan yakni pengamatan secara visual, metalografi menggunakan light optical microscope, dan karakterisasi Energy Dispersive Spectroscopy (EDS). Hasil dari karakterisasi ini yakni lapisan yang digunakan pada bilah turbin HPT stage 1 CFM56-7B terdapat thermal barrier coating berbahan yttria-stabilized zirconia dan bond coat Pt-aluminide coating, memiliki cooling system berupa film impingement cooling, dan menggunakan material single crystal superalloy dengan komposisi kimia mirip seperti material Rene N5. Sedangkan, pada bilah turbin HPT stage 1 CFM56-5C memiliki lapisan Pt-aluminide coating, memiliki cooling system berupa film impingement cooling, dan menggunakan material polycrystalline superalloy dengan komposisi kimia mirip seperti Rene 80.