digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Nisya Kurniasari
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Telkom Indonesia adalah perusahaan telekomunikasi milik negara di Indonesia yang beroperasi di industri telekomunikasi. Sebagai perusahaan telekomunikasi yang telah bertransformasi digital, Telkom perlu menjadi tangkas dalam menghadapi dinamika industri. Telkom Indonesia telah meluncurkan Five Bold Moves, yang merupakan lima strategi utama, untuk menjadi perusahaan telekomunikasi kelas dunia. Secara umum, kelima strategi utama ini diimplementasikan melalui investasi pada infrastruktur telekomunikasi dan platform digital secara seimbang, guna memenuhi aspirasi pemegang saham dan menghadapi tantangan industri, seperti keberlanjutan bisnis Telkom di masa depan dan peningkatan valuasi dan laba perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan struktur hirarki kriteria, subkriteria, dan alternatif utama dalam pemilihan Strategi Lima Langkah Berani yang Paling Diprioritaskan di Telkom Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan aplikasi Expert Choice. Subjek penelitian ini adalah karyawan Telkom Indonesia, dan jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif dan strategis adalah kriteria utama dalam memilih Strategi Lima Langkah Berani yang Paling Diprioritaskan di Telkom Indonesia. Dan untuk alternatif utama menunjukkan bahwa "kolaborasi tetap dan seluler (FMC)" dan "Pusat Data Bersama" memiliki pengaruh dominan dalam struktur hirarki. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti terkait hasil studi ini adalah untuk menambah alternatif dalam penelitian serupa dan menggabungkan metode Analisis Hirarki Analitik dengan teknik Pengambilan Keputusan Multi Kriteria lainnya yang memungkinkan para pengambil keputusan untuk membuat pilihan yang terinformasi mengenai implementasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur manajemen strategis dengan menawarkan analisis perbandingan terhadap strategi lima langkah berani Telkom Indonesia menggunakan model AHP. Temuan ini memberikan rekomendasi berharga bagi tim manajemen Telkom Indonesia dan berfungsi sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut di bidang pengambilan keputusan strategis dalam industri telekomunikasi.