digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Masa remaja merupakan periode krusial untuk mengembangkan kebiasaan sosial dan emosional yang penting untuk kesejahteraan mental. Ini termasuk menerapkan pola tidur sehat, olahraga teratur, mengembangkan coping, pemecahan masalah, keterampilan interpersonal, dan belajar mengelola emosi. Beberapa remaja berisiko lebih besar terhadap kondisi kesehatan mental karena kondisi kehidupan mereka, stigma, diskriminasi atau pengucilan, atau kurangnya akses ke dukungan dan layanan berkualitas. Sekolah berperan dalam pengembangan kompetensi sosial, regulasi emosi, dan kesejahteraan mental pada remaja atau siswa, namun system sekolah mungkin tidak selalu mampu memberikan dukungan emosional kepada siswa remaja saat krisis kesehatan mental. Oleh karena itu, memberikan produk layanan kesehatan mental kepada siswa dengan kondisi rentan menjadi penting untuk mempertimbangkan faktor kondisi mereka dan untuk menyesuaikan pendekatan terapeutik yang sesuai. Dalam penanganan kondisi gangguan kecemasan, terdapat media terapeutik yang dapat membantu meregulasi sebagai coping. Produk Therapeutic Textile Kit dapat menjadi produk dalam membantu remaja meregulasi kondisi emosi yang kemudian menjadi jembatan dalam proses konseling kepada Guru BK. Perancangan produk ini berkontribusi langsung kepada para siswa penyintas kesehatan mental dengan media Therapeutic Art-Making menggunakan metode Design Thinking. Rancangan produk merupakan sebuah fabric painting kit dengan therapeutic guide. Fungsi utama utuk membantu remaja dengan gangguan kecemasan untuk dapat meregulasi kecemasannya melalui material tekstil. Landasan Perancangan produk kit ini terkait dengan strategi regulasi emosi berupa treatment tahap-tahap reduksi/regulasi kecemasan, dan pemahaman tentang proses yang mengarah pada aktivasi strategi regulasi emosi.